Presiden IRTA Konfirmasi Test Pra-Musim Sepang 2021 Tetap Sesuai Jadwal

Foto: MotoGP

BalapMotor.Net – Asosiasi Tim Balap Internasional (IRTA) telah mengonfirmasi bahwa pelaksanaan tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Sepang, Malaysia, akan tetap berjalan sesuai rencana. Tes tersebut akan berlangsung pada 19-21 Februari 2021.

Seluruh skuad yang akan mentas di MotoGP pun telah diberi tahu bahwa pelaksaan tes pramusim Sepang akan sesuai jadwal. Ada pun tes tertutup untuk para pembalap (shakedowntest) akan berlangsung pada 14-16 Februari 2021.

SSS Racing

Menurut laporan Tuttomotoriweb, Selasa (15/12/2020), IRTA akan tetap menggelar tes pramusim sesuai jadwal karena situasi Malaysia yang tidak menimbulkan terlalu banyak kekhawatiran terhadap pandemi Covid-19. Namun begitu, situasi akan tetap dipantau dalam beberapa minggu mendatang.

Sejauh ini, Dorna Sports pun memang belum memberikan pernyataan resmi terkait pelaksanaan tes pramusim Sepang. Namun, mereka tetap menjadwalkan tes pramusim tersebut, seperti jadwal yang biasa mereka buat.

Sirkuit Sepang memang selalu menjadi yang pertama untuk menggelar tes sebelum memulai kompetisi MotoGP. Meski pada tahun depan sempat diragukan akan mampu menggelar tes, tetapi beberapa hari lalu, pihak berwenang Malaysia telah memberi lampu hijau.

Namun begitu, menurut Motorsport, IRTA juga tetap meminta para tim dan pembalap tetap waspada. Pasalnya, situasi bisa berubah tergantung dari penyebaran Covid-19 yang ada di Negeri Malaysia.

IRTA meminta tim dan para pembalap menghindari pembelian tiket pesawat yang tidak bisa diuangkan kembali. Sementara untuk hotel, sistem gelembung kemungkinan akan diterapkan demi mengamankan kondisi tim dan atlet.

“Semua muatan bertolak lewat laut di awal pekan depan untuk tes Sepang. Kami telah bekerja untuk agenda yang akan diselenggarakan Februari, Maret, dan April 2021,” ucap Presiden IRTA, Herve Poncharal, melansir dari Motorsport.

Andai pelaksanaan tes pramusim Sepang berjalan dengan lancar, maka kemungkinan lain juga akan dilanjutkan. Sebut saja seperti tes pramusim di Sirkuit Losail, Qatar yang rencananya akan berlangsung pada 10-12 Maret 2021.

Sementara itu, jika tes pramusim Sepang benar-benar bisa dijalankan, maka ini akan menjadi sirkuit pertama di luar Eropa yang menggelar rangkaian balapan MotoGP. Sebab, seperti diketahui pada musim lalu, semua balapan MotoGP berlangsung di Eropa.

GM-helm