MotoGP Bakal Pakai Bahan Bakar Non Fosil

BalapMotor.Net – Guna ikut membantu mengurangi emisi karbon di dunia, serta memerangi perubahan iklim, Dorna mengumumkan bahwa pada pacuan MotoGP semua kelas nantinya akan menggunakan bahan bakar non fosil.

Jadi pacuan pada kelas MotoGP, Moto2 dan Moto3 bakal menggunakan bahan bakar non fosil. Regulasi tersebut bakal diterapkan penuh pada tahun 2027. Tetapi, mulai 2024 40% bahan bakar yang digunakan sudah berbahan non fosil.

Dorna sendiri bakal bekerjasama dengan pabrikan peserta serta perusahaan minyak untuk melakukan riset mengenai bahan bakar non fosil tersebut. Pastinya, spesifikasi mesin juga bakal ada perubahan mengikuti regulasi bahan bakar tersebut.

SSS Racing

Bahan bakar non fosil sendiri bisa terbuat dari tumbuh-tumbuhan atau juga berasal dari hewan. Ini berbeda dengan bahan bakar fosil dimana bahannya dari minyak bumi.

“Kami sangat bangga menumumkan usaha baru yang luar biasa ini dan ingin mengucapkan terma kasih kepada FIM, MSMA, IRTA, produsen, dan pemasok bahan bakar kami atas dukungan tegas mereka dalam langkah inovatif menuju dunia yang lebih berkelanjutan ini,” ungkap Carmelo Ezpeleta, selaku CEO Dorna yang dikutip dari laman resmi MotoGP.

GM-helm PARD