MotoGP 2016: Valentino Rossi Mengakui Keselamatan MotoGP Tak 100%

Rossi mengganggap kalau balapan di MotoGP tak sepenuhnya aman | foto : autosport.com

BalapMotor.Net – Valentino Rossi mengakui bahwa setiap sirkuit MotoGP tidak akan pernah benar-benar aman bagi setiap pembalap, karena pasti selalu ada kendala di sepanjang lintasan yang membuat was-was para pembalap.

Tewasnya pembalap Moto2 Luis Salom pada sesi latihan bebas di GP Catalunya, Spanyol akhir pekan lalu di tikungan 12, membuat rute Sirkuit Catalunya pada akhirnya dirubah. Namun, Rossi mengatakan, walau dirubah namun masih ada beberapa tikungan yang cukup membahayakan para rider.

SSS Racing

Pada tahun 2014 telah terjadi kecelakaan yang sama di Moto3, kala itu Nico Antonelli yang menjadi korbannya, yang pada akhirnya menyebabkan pemasangan pagar udara, namun jelas kecelakaan Luis Salom berbeda dan tidak bisa menggunakan cara yang sama untuk menghindarkannya.

Saya ingat di Jerez beberapa tahun yang lalu ketika Roberto Locatelli mengalami kecelakaan di pintu keluar tikungan ke-10, stangnya terkunci ke kiri dan ia menghantam dinding di sebelah kiri dekat trek lurus. Di tempat di mana itu seharusnya lurus, dan tidak mungkin dirinya menghindari hal tersebut dari jarak area run-off 100 meter,” ungkap Rossi yang coba akan menghadiri rapat Komisi Keselamatan.

Rossi pun menambahkan; “Kami harus balapan di padang guru. Mungkin Qatar adalah satu-satunya sirkuit yang cukup baik, walau begitu Marc Marquez sudah mencobanya dan ia harus tergelincir ke kiri lintasan,”

“Memang sangat sulit bagi para pembalap menjalankan motornya dengan aman di lintasan. Tapi, itu tidak bisa dibiarkan melainkan sesuatu yang harus diperbaiki meski sulit.”

Rossi dan Jorge Lorenzo dari tim Yamaha mencoba akan menghadiri rapat Komisi Keselamatan, selama ini dua rider milik Yamaha tak pernah mau menghadiri tiap kali diadakan pertemuan, namun karena pada GP Catalunya jatuh korban, maka tak ada alasan lagi untuk tak hadir. (Deni)

GM-helm