Lima Pabrikan di 5 Besar Ternyata Baru Tiga Kali Terjadi

MotoGP Styria 2021

BalapMotor.NetDalam hasil balapan Grand Prix Styria yang berlangsung di sirkuit Red Bull Ring, Austria (8 Agustus) kemarin ternyata jarang terjadi. Yaitu soal lima pabrikan yang mengisi posisi lima besar.

Seperti kita ketahui, Jorge Martin rookie dari Pramac Racing berhasil meraih podium juara. Dengan Ducati Desmosedici, Martin berhasil mengamankan kemenangan pertamanya di kelas MotoGP.

Sementara podium kedua ditempati juara dunia bertahan, Joan Mir dari Team Suzuki Ecstar. Sedangkan podium ketiga berhasil diraih pemimpin klasemen sementara saat ini, Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP).

Podium MotoGP Styria 2021
SSS Racing

Di podium ada tiga pabrikan berbeda. Lebih lanjut, posisi keempat menempatkan Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing diikuti oleh Takaaki Nakagami (Idemitsu LCR Honda). Jadi lima pabrikan di lima besar teratas. Ducati, Suzuki, Yamaha, KTM dan Honda.

Hasil seperti ini pun ternyata baru tiga kali ini terjadi dalam era MotoGP. Kapan saja? Dikutip dari motogp.com, terakhir kali melihat lima pabrikan finis di lima besar adalah di Brno pada tahun 2008.

Ketika itu Valentino Rossi (Yamaha) menang dari Tony Elias (Ducati), lanjut Loris Capirossi (Suzuki) ketiga dan diikuti oleh Shinya Nakano (Honda) serta Anthony West dari Kawasaki. Sementara untuk pertama kalinya terjadi pada tahun 2007.

Saat itu terjadi di GP Catalan dengan posisi kesatu Casey Stoner (Ducati), Rossi (Yamaha) dan Dani Pedrosa (Honda) yang berada di podium. Selanjutnya John Hopkins dari Suzuki mengklaim P4 diikuti Randy de Puniet yang menempatkan Kawasaki-nya di posisi lima besar.

GM-helm PARD