Jonathan Rea Sebut Dominasi Ducati jadi Bencana Buat WSBK

Yamaha

BalapMotor.Net-Dominasi pembalap Ducati Alvaro Bautista di setiap seri WSBK yang digelar memang keterlaluan, Alvaro Bautista seperti berada di level yang berbeda. Hal ini karena pembalap Ducati tersebut selalu finish di atas 7 detik meninggalkan para lawan secara konsisten.

Menurut Jonathan rea kondisi tersebut adalah bencana buat balap WSBK. Sebab menurut Rea level motor V4 yang diracik Ducati sudah tidak bisa lagi dikatakan sebagai motor produksi masal biasa. Klan Panigale V4 diracik berdasarkan konsep MotoGP bike yang secara jelas dilontarkan oleh pabrikan Bologna pada saat peluncuran Ducati panigale V4.

“ Motor V4 mereka memiliki level yang luar biasa. Strategi pemasaran mereka (Ducati) sendiri mengatakan ini adalah motor MotoGP. Ducati selalu mengatakannya ketika mereka mempresentasikan motornya (Panigale V4). Selamat untuk mereka tetapi kejuaraan ini adalah tentang menyimbangkan semua komponen khususnya membantu para tim privater agar lebih kompetitif. Aku kuatir tentang masa depan jika Honda, Yamaha dan Kawasaki akhirnya juga melakukan hal yang sama”

” Dengan dalih meracik motor produksi massal mengambil konsep murni dari MotoGP bike untuk WSBK. Motor produksi masal seharga € 40.000. Aku jelas tidak gembira karena tidak menang namun kamu harus menerimanya meskipun secara mental sulit melakukannya. Untungnya aku sudah menang dalam 4 tahun terakhir. Kendati dunia mengatakan membosankan namun harus diingat aku menang hanya dengan satu atau dua detik di depan. Banyak orang mungkin gembira karena mendapatkan pemenang yang berbeda. Tetapi ini bencana bagi kompetisi karena mereka ingin mengubah keadaan”

” Sekali lagi aku tidak mengeluh namun aku hanya berbicara tentang kenyataan. Jika kamu berbicara dan ngobrol dengan pembalap lain pasti mereka akan mengatakan hal yang sama bahwa Ducati memiliki keuntungan sangat besar. Apapun itu kita harus tetap bekerja. Ada sirkuit yang menguntungkan buat kami. Walau tentu aku tidak akan mendominasi seperti masa lalu namun setidaknya bisa mendekati…” tutup Jonathan Rea

Keluhan Rea memang bukanlah tanpa alasan. dominasi Alvaro Bautista memang kurang bagus buat tontonan WSBK. Apalagi gaya balap Bautista lebih menyukai ngacir di depan ketimbang fight head to head. Mungkin itulah yang membuat tontonan jadi sangat membosankan sebab dari beberapa rekam jejak balapan terakhir Alvaro Bautista selalu masuk garis finish antara 10 hingga 13 detik di depan. |Fajar

GM-helm SSS Racing