Honda Bantah Dominasi Di Kelas MotoGP Karena Marc Marquez, Apa Alasannya?

Marc Marquez. |Foto: MotoGP

BalapMotor.Net – Dalam kurun waktu hanpir 2 dekade, Honda berhasil mencetak banyak pembalap juara dibandingkan pabrikan lain. Dalam 2 dekade tersebut, total ada 10 gelar juara funia yang diraih lewat 4 pembalap berbeda.

Apalagi sejak Marc Marquez bergabung ke kubu sayap mengepak, Hoda kian tak terkejar. Meski demikian, Honda menepis anggapan bahwa Honda hanya berjaya karena faktor Marquez semata.

SSS Racing

Kabar tersebut muncul karena musim 2019 ini, Honda hanya meraih kemenangan dari Marquez saja bukan pebalap lain.

Alberto Puig selaku Manajer tim Repsol Honda, mengatakan, dalam 18 tahun terakhir ini Honda sudah meraih gelar juara dunia 10 kali, dengan empat pebalap yang berbeda. Sedangkan Yamaha, meraih tujuh gelar dengan dua pebalap. Lalu Ducati, meraih satu gelar dengan satu pebalap.

marc-marquez-kejar-rekor-di-cota-jorge-lorenzo-minta-waktu-tambahan
Marc Marquez| Foto: Crash

“Dengan fakta tersebut, kita bisa bilang motor yang paling mudah dikendarai adalah Honda. Sebab, motor ini telah memenangkan kejuaraan dengan banyak pebalap, antara lain Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner, dan Marc Marquez,” ujar Puig, dikutip dari Crash.net.

“Jadi, menurut saya anggapan bahwa Honda hanya menang karena ada Marquez hanyalah sebuah ide saja, bukanlah fakta,” kata Puig.

Hanya ada dua pebalap yang pernah mengalahkan Marquez di kelas MotoGP, yakni Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, ketika di musim 2015. Kedua pebalap Yamaha tersebut menyelesaikan musim balap di peringkat pertama dan kedua.

A

GM-helm