GP Belanda: Rahasia Vinales Terdepan Saat Kering Maupun Hujan

Maverick Vinales | Pic: MotoGP

BalapMotor.Net – Maverick Vinales mendominasi dua sesi latihan bebas dalam putaran ke-9 Grand Prix di sirkuit Assen, Belanda, Jumat (25 Juni). Pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP itu tercepat baik di FP1 maupun FP2.

Menariknya, dalam dua sesi latihan bebas itu lintasan dalam kondisi yang berbeda. FP1 berlangsung dengan aspal kering sedangkan pada FP2 aspal basah karena hujan. Ini jadi pembuktian Vinales setelah kritikan pedas pada GP Jerman pekan kemarin.

“Hari ini berjalan dengan baik. Sejujurnya, saya tidak berharap begitu kompetitif dan cepat. Ketika di FP1 saya melihat 1’33.0s dengan dua puluh putaran pada ban, saya berpikir itu waktu putaran yang cepat. Dan sore ini, saya mencoba untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, jadi 1’33,2 ini juga bagus,” kata Vinales.

Picture: MotoGP
SSS Racing

“Pada dasarnya, saya menemukan cengkeraman yang baik pada motor, dan saya dapat melakukan lebih atau kurang apa yang saya inginkan di trek,” jelas juara bertahan MotoGP Assen 2019 itu dilansir dari crash.net.

Sementara di posisi kedua tercepat ditempati oleh pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro. Mereka hanya aberselisih 0,111 detik saja. Sedangkan yang tercepat ketiga diraih oleh Miguel Oliveira (Red Bull KTM) dan diikuti oleh Fabio Quartararo (Yamaha) di posisi ke-4. Kedua pembalap itu mencetak waktu tercepat pada FP2 dimana saat itu sudah turun hujan.

GM-helm PARD