Fadillah Arbi Aditama, Cah Purworejo Yang Siap Tempur di Red Bull MotoGP Rookies Cup

Fadillah Arbi Aditama di ATC 2021 | Foto : ATC

BalapMotor.Net – Fadillah Arbi Aditama merupakan pembalap 16 tahun asal Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah binaan Astra Honda Motor (AHM). Arbi sendiri bersama skuad Astra Honda pada musim ini bertarung di ajang Asia Talent Cup (ATC) dan pada musim depan akan dipromosikan ke ajang Red Bull MotoGP Rookies Cup.

Nama Arbi yang tampil apik dengan mampu tiga besar dalam kualifikasi ATC Qatar 2021 ini sendiri masuk dalam konstestan Red Bull MotoGP Rookies Cup yang sudah di rilis oleh pihak Red Bull. Arbi akan menjadi pengganti Mario Suryo Aji yang sudah tiga musim di ajang tersebut.

Kemungkinan besar, Arbi sendiri juga bakal tarung di ajang FIM CEV atau sama seperti Mario saat ini, tetapi belum ada pengumuman resmi mengenai hal tersebut. Nah, kali ini kita akan membahas perjalanan karir balap dari seorang Fadillah Arbi Aditama.

Arbi saat awal ikut balap di 2017 | Foto: IG
Memulai Karir Balap di Usia 12 Tahun
SSS Racing

Fadillah sendiri lahir di Purworejo pada 14 Juni 2005 dan memulai berlatih balap pada tahun 2017 (usia 12 tahun). Dilatih oleh sang ayah Robby Yudha Kurniawan, Arbi mulai berlatih balap dengan pacuan Honda Blade (bebek) di sirkuit parkiran Sumber Adventure Center (SAC) Kutoarjo, Purworejo.

Setelah dua bulan berlatih, barulah Arbi mengikuti event untuk pertama kalinya yaitu di sirkuit Tawang Mas, Semarang. Setelah mengikuti event-event balap lokalan bersama tim privateer ayahnya, Arbi akhirnya bergabung dengan tim Honda Simple Concept pada musim 2018.

Arbi saat ikutan Honda Racing School 2018 | Foto : IG

Tim ini sendiri dimanajeri oleh Robby Yudha Kurniawan dan Arbi bertarung di kelas Rookie. Pada tahun 2018 sendiri, Arbi mengikuti ajang pelatihan balap Astra Honda yaitu Astra Honda Racing School di ajang IRS. Arbi bahkan ikutan di kelas CBR250RR yang balapnya di sirkuit Sentul Karting.

Lalu pada 2020 Arbi terpilih untuk ikut tarung di ajang Asia Talent Cup (ATC), sayangnya balapan ATC 2020 dibatalkan karena pandemi. Nah, berlanjut di 2021 Arbi masih menjadi kontestan ATC dan mampu unjuk gigi pada dua balapan awal di Qatar.

Fadillah Arbi sendiri merupakan salah satu pembalap binaan AHM bahkan sejak awal latihan Arbi bersama dengan pacuan Honda. Semoga saja Arbi mampu menunjukan prestasinya di ajang balap dunia.

TONTON VIDEONYA 

GM-helm PARD