Fabio Quartararo Melawan Rombongan Ducati untuk Gelar Konstruktor!

Picture: MotoGP

BalapMotor.Net – Enam tahun setelah gelar terakhirnya, Yamaha berada dalam posisi untuk kembali ke tahta Kejuaraan Dunia Pabrikan MotoGP. Mereka telah berjuang sepanjang musim dan menempati posisi kedua klasemen sementara 9 poin di belakang Ducati.

Suzuki diurutan ketiga secara matematis terlalu jauh untuk kembali. Karena itu akan dimainkan oleh dua pabrikan saja. Namun, ini bukan sebagai pertandingan nyata antara Yamaha dan Ducati.

Ini sebenarnya duel antara seorang pria, Fabio Quartararo, melawan pabrikan Ducati dan beberapa pilotnya. Pembalap Prancis itu adalah satu-satunya pebalap Yamaha yang bertarung di depan.

Picture: MotoGP
SSS Racing

Dia telah mencetak 230 dari 282 poin konstruktor mereknya. Sementara Ducati dapat mengandalkan seluruh pasukannya, seperti Francesco Bagnaia, Johann Zarco, Jack Miller hingga Jorge Martin.

Situasi tersebut menggambarkan kesulitan yang dihadapi Yamaha musim ini, baik dari segi manajemen pembalap (cerai dengan Maverick Viñales), kesialan (Franco Morbidelli cedera), serta Valentino Rossi yang kesulitan di akhir karirnya.

MotoGP – Kejuaraan Pabrikan setelah GP Amerika:
  1. Ducati – 291 poin
  2. Yamaha – 282 (-9)
  3. Suzuki – 197 (-94
  4. KTM – 185 (-106)
  5. Honda – 173 (-118)
  6. Aprilia – 105 (-186)
GM-helm PARD