Dovizioso Sindir Yamaha Soal Fairing Winglet, Vinales Membela dan Anggap Ini Merupakan Perbaikan

dovi-sindir-yamaha-soal-fairing-winglet-vinales-membela-dan-anggap-ini-merupakan-perbaikan
Fairing Winglet Yamaha di Tes Valencia lalu jadi perdebatan | Foto: Autosport

BalapMotor.Net – Perdebatan mengenai winglet kembali mencuat usai tes di Valencia pada 14-15 November lalu, kali ini Andrea Dovizioso sindir Yamaha karena dianggap agak menyerupai milik Ducati beberapa tahun belakangan, yang kala itu dianggap berbahaya buat pembalap.

Apa yang ditampilkan oleh Yamaha saat di Valencia lalu terlihat seperti winglet yang sempat diperbolehkan penggunaannya pada 2015 dan 2016, dan justru dinilai semakin mengancam keselamatan pembalap. Hal ini pun membuat Ducati sedikit kesal, karena merasa dirugikan sebagai pelopor pengembangan winglet di tahun 2015, pihak Ducati pun anggap ini sengaja dilakukan untuk menghambat pengembangan Ducati.

“Saya tidak ingin ada perbedatan, tetapi menurut regulasi yang ada bahwa winglet itu bisa membahayakan kesalamatan pembalap, nyatanya regulasi yang ada sekarang mengenai winglet fairing ini jauh lebih membahayakan keselamatan pembalap ketimbang winglet. Jadi, regulasi yang ada mengenai winglet hanyalah cara untuk menghambat Ducati dalam pengembangan winglet,” kata Andrea Dovizioso.

SSS Racing

Maverick Vinales yang mengetahui hal ini memberikan pembelaan, menurutnya apa yang dilakukan oleh tim pabrikan Yamaha pada tes di Valencia lalu merupakan perbaikan pada motornya untuk menghadapi MotoGP di musim depan, dan tidak melanggar regulasi yang sudah ada.

“Saya rasa hal tersebut tidaklah sah, dan apa yang dilakukan oleh Yamaha sudah benar. Aprilia melakukan hal yang sama, dan Ducati, saya tidak tahu apakah itu sudah sesuai dengan regulasi yang ada. Yang pasti Yamaha telah melakukan sebuah perbaikan yang bagus, membuat motor nyaman. Kami tahu bahwa apa yang kami punya ini di musim depan akan jadi jauh lebih baik,” kata Maverick Vinales. [Deni]

GM-helm PARD