Deretan Rookie Terbaik di Grand Prix Qatar, Siapa Saja?

Jorge Martin | Foto: MotoGP

BalapMotor.Net – Kejuaraan Dunia MotoGP telah menyelesaikan dua balapan awal pada musim kompetisi 2021 ini. Keduanya berlangsung di sirkuit Internasional Losail Qatar. Nah, menarik melihat siapa saja rookie atau debutan paling berprestasi disana.

Diawali dari kelas Moto3. Nama Pedro Acosta pastinya menjadi yang utama. Aksi heroic pada Grand Prix Doha menjadikan pembalap 16 tahun asal Spanyol itu bahan perbincangan. Start dari pit lane bisa juara, itu menjadi hal yang mengejutkan di MotoGP.

Pedro Acosta (Moto3)

Apa lagi musim ini adalah yang perdana bagi Pedro Acosta bertarung di kelas Moto3. Tahun lalu, dia masih berkiprah di ajang Red Bull Rookies Cup dan keluar sebagai juara umum. Tak hanya Acosta, di kelas Moto3 ada rookie lain yang juga tampil menjanjikan.

SSS Racing

Adalah Izan Guevara dari GasGas Gaviota Aspar. Dia menunjukkan potensi yang menjanjikan saat dia memastikan finis 10 besar berturut-turut. Posisi ke-7 di Seri satu dan ke-6 pada seri kedua. Meskipun dia tidak naik podium, tapi aksi dan kemampuannya tak perlu diragukan. Dia juga selalu konsisten bertarung di barisan depan.

Izan Guevara (Moto3)

Lanjut ke kelas Moto2. Disana Sam Lowes memang tak terbendung dengan raihan double winner. Namun soal rookie yang menjanjikan ada nama Raul Fernandez (Red Bull KTM Ajo). Pembalap asal Madrid itu berhasil mendapatkan podium pertamannya dalam balapan kedua kalinya dengan motor 765cc.

GP Qatar dia start dari posisi ke-2 dan finis di posisi kelima. Sementara saat GP Doha Raul Fernandez mengawali dari posisi ke-4 dan berhasil meraih podium ketiga. Dengan performa yang mengesankan baik saat kualifikasi maupun balapan, Raul akan menjadi salah satu yang diperhitungkan pada putaran berikutnya.

Raul Fernandez (Moto2)

Sementara pada kategori tertinggi kelas MotoGP, nama Jorge Martin menjadi pusat pembicaraan terbesar saat ini. Rookie Pramac Ducati tersebut pun disandangkan dengan Marc Marquez dan Casey Stoner sebagai debutan yang meraih pole di Grand Prix kedua mereka di MotoGP.

Jorge Martin (MotoGP)

Selain pole position, Jorge Martin juga berhasil mendapatkan podium pertamanya dengan finis di posisi ketiga pada balapan kedua di Losail, Qatar. Tak hanya Martin, Enea Bastianini (Avintia Esponsorama) juga tampil menjanjikan dalam debutnya di MotoGP.

Pada balap pertama dia finis di posisi ke-10, lebih baik dari Morbidelli dan Valentino Rossi. Sementara pada balap kedua di meraih posisi ke-11. Dalam dua balapan pembuka tersebut, 13 poin berhasil dibawa pulang oleh juara dunia Moto2 2020 tersebut.

Enea Bastianini (MotoGP)
GM-helm PARD