Dapat Tekanan Dari Can Oncu dan Miguel Oliveira, Pol Espargaro Akhirnya Tutup Musim MotoGP Dengan Raihan Podium Ketiga

dapat-tekanan-dari-can-oncu-dan-miguel-oliveira-pol-espargaro-akhirnya-tutup-musim-motogp-dengan-raihan-podium-ketiga
Pol Espargaro tutup musim ini dengan raihan podium ketiga | Foto: Crash
GM-helm

BalapMotor.Net – Pol Espargaro akui ada tekanan dari juniornya di Red Bull KTM, setelah melihat Can Oncu meraih kemenangan di Moto3 dan Miguel Oliveira di Moto2. Itulah yang menjadi tambahan motivasi bagi Espargaro untuk mengakhiri musim ini dengan raihan podium di MotoGP.

Espargaro benar-benar kagum dengan kemampuan juniornya, Oncu meski berlabel debutan untuk Red Bull KTM Ajo berhasil meraih kemenangan, sementara di Moto2 Miguel Oliveira mampu tampil gila sehingga meraih kemenangan meski kondisinya hujan.

“Saya sangat senang dengan apa yang diraih KTM, mereka layak mendapatkanya, Anda tidak tahu berapa banyak usaha yang telah mereka lakukan juga dengan uang yang sudah dikeluarkan. Akhirnya mereka menutup musim ini di posisi tersebut (podium),” kata Pol Espargaro.

Pol awalnya sedikit khawatir untuk bisa meniru prestasi juniornya di Sirkuit Ricardo Tormo, pasalnya hujan deras mengakibatkan ia tak bisa menggeber motornya dengan leluasa.

Namun, ketika Red Flag berkibar Pol mampu memikirkan strategi selanjutnya di pit, ia pun meminta krunya untuk memperbaiki motornya agar set-up yang digunakan pas untuk balapan basah. Hasilnya Pol menutup musim ini dengan manis, meraih podium ketiga buat KTM di MotoGP.

“Awalnya saya sedikit khawatir dengan cuaca, tetapi orang-orang balapan dengan luar biasa. Pembalap muda di Moto3 mengendarai motor dalam kondisi yang sama seperti ini, kemudian Miguel melakukan balapan yang gila. Saya berkata pada diri sendiri, akan terlihat konyol jika saya tidak mampu melakukan sesuatu dan meraih hasil terbaik,” papar Pol.

“Kami mencoba secepat orang-orang di MX yang berhasil memenangkan segalanya di semua kategori, layaknya seorang pembalap jalanan kami sedikit tertinggal tetapi pada akhirnya saya merasa senang karena mampu tunjukkan kekuatan yang kami punya,” tambahnya.

Espargaro lontarkan pujian setinggi langit kepada Oncu, bocah asal Turki yang turun sebagai wildcard KTM di Moto3 Valencia ini berhasil catatkan dua rekor sekaligus, menjadi pembalap termuda juga debutnya ditandai dengan kemenangan. Sebagai seniornya di KTM, Espargaro yakin Oncu akan terus berkembang dan bisa turun di MotoGP masa mendatang.

“Dia adalah orang yang terbaik, anak pilihan, saya sangat senang dia berada di dalam struktur kami dengan KTM dan juga Red Bull. Suatu hari nanti ia akan tumbuh dan tunjukkan bakatnya, dia bisa saja turun di MotoGP bersama dengan KTM di masa mendatang. Saya sangat bangga dengan apa yang telah dia lakukan dan pastinya itu membuat keluarganya bahagia,” tutup Pol. [DK]

SSS Racing