Cuaca Buruk, Membuat GP Qatar Ubah Jadwal Jadi Siang Hari?

Musim 2007, saat terakhir kali GP Qatar berlangsung pada siang hari | foto: Crash

BalapMotor.Net – Jelang balapan pembuka MotoGP Qatar, akan ada wacana untuk memindahkan balapan pada siang hari, karena balapan pada malam hari cuaca bersahabat, dan sangat berisiko saat sirkuit basah.

Meskipun selama sesi latihan bebas kondisi sirkuit kering, namun ancaman akan turunnya hujan lebat tetap ada, jelang sesi kualifikasi dan balapan yang akan berlangsung pada Sabtu dan Minggu waktu setempat, meski begitu belum ada keterangan resmi.

Komisi keselamatan MotoGP, setelah melihat kondisi Qatar yang jika malam hari hujan lebat dan angin kencang melakukan pembahasan dengan pembalap, untuk penjadwalan balapan di hari Minggu.

SSS Racing

Keputusan ini merupakan keputusan yang rumit, apalagi balapan tinggal satu hari lagi. Jika menghadapi FP4 hujan lebat dan angin kembali turun, yang dijadwalkan pada Sabtu 19:55 waktu setempat, maka para pembalap dengan Komisi Keselamatan GP akan kembali membahas mengenai balapan di hari Minggu.

Jika kondisi terus seperti ini, bukan tak mungkin Komisi Keselamatan GP dan pembalap sepakat untuk adakan balapan pada siang hari, mengingat pada musim 2004-2007 GP Qatar berlangsung pada siang hari, GP Qatar berlangsung pada malam hari dimulai sejak musim 2008. Di musim 2009, bahkan GP Qatar sempat ditunda hingga hari Senin, karena hujan badai di Losail pada Minggu malam.

Kondisi cuaca yang jelek membuat GP Qatar malam hari tampak kurang aman untuk para pembalap, mengingat sirkuit yang basah dan cuaca dengan angin kencang akan berisiko kecelakaan, kita tunggu saja balapan GP Qatar kali ini akan berlangsung pada malam hari atau justru berubah jadi siang hari. (Deni)

GM-helm PARD