Catatkan Juara Dunia 8 Kali, Ini Rekor Yang Ditorehkan Marc Marquez

Yamaha

BalapMotor.Net – Marc Marquez telah mengukuhkan juara dunia ke 8 kali di semua kelas. Marc mengukuhkan gelar juara dunia ini di seri ke 15 yang berlangsung di Chang Internasional Sirkuit Thailand (06/10).

Perjuangan the Baby Alien untuk mengukuhkan gelar juara Dunia ke 8 di semua kelas ini penuh dengan perjuangan. Marc dipaksa mematahkan dominasi Fabio Quartararo yang sangat digdaya sejak hari pertama MotoGP Thailand.

Dengan hasil ini beberapa rekor fantastispun dicatatkan oleh pemuda berusia 26 tahun tersebut. Marc kini masuk ke jajaran pembalap elit MotoGP layaknya Mick Doohan, Giacomo Agostini, Angel Nieto dan juga Valentino Rossi. Berikut rekor yang dicatatkan oleh Marc Marquez.

1. Marc Marquez adalah pembalap termuda yang pernah memenangkan enam gelar kelas utama, pada usia 26 tahun dan 231 hari. memecahkan rekor dari Giacomo Agostini, yang berusia 29 tahun dan 25 hari ketika ia memenangkan gelar kelas utama keenamnya di 1971 GP Jerman Timur.

2. Marquez juga mencatatkan rekor pembalap termuda yang memenangkan total 8 gelar di kelas utama. memechkan rekor dari Mike Hailwood, yang berusia 27 tahun dan 112 hari ketika ia memenangkan gelar kedelapannya, di kelas 19cc dan 350cc, di Brno .

3. Marquez bergabung dengan Valentino Rossi dan Giacomo Agostini sebagai satu dari hanya tiga pembalap yang mencatatkan gelar juara dunia lebih dari 6 kali di kelas utama.

4. Marquez adalah satu dari hanya enam pembalap yang mendapatkan 8 atau lebih Kejuaraan Dunia di semua kelas. Bergabung dengan Carlo Ubbiali (9), Mike Hailwood (9), Valentino Rossi (9), Angel Nieto (13) dan Giacomo Agostini (15).

5: Marquez telah memenangkan semua gelar MotoGP ™ menggunakan motor Honda dan melampaui Mick Doohan sebagai pembalap dengan gelar dikelas utama dengan pabrikan Jepang (5X).

6. Marc Marquez berada di posisi ke 2 sebagai pembalap spanyol yang mengoleksi gelar juara dunia. Marc masih dibawah Angel Nieto, yang memenangkan 13 Kejuaraan Dunia (tujuh di kelas 125cc dan enam di kelas 50cc) antara 1969 dan 1984.

7. Marquez telah memenangkan setidaknya delapan juara seri selama lima musim yang berbeda (di setiap kelas balap GP). Menyamai Giacomo Agostini dan Angel Nieto.

8. Kemenangan Marquez di GP Ceko 2019 adalah yang ke-76 dalam karirnya di Grand Prix, menyamai Juara Dunia sembilan kali Mike Hailwood. Pada usia 26 tahun dan 168 hari, Marquez menjadi pembalap termuda kedua yang mencapai tonggak 76 kemenangan GP, ​​di belakang Valentino Rossi (26 tahun 165 hari).

9. Di GP Aragon 2019, Marquez menjadi pembalap termuda yang mencapai kemenangan sebanyak 200 balapan Grand Prix, pada usia berusia 26 tahun dan 217 hari.

10: Pada usia 26 tahun dan 168 hari, ia adalah pembalap termuda kedua yang mencapai 50 kemenangan kelas utama. Dibelakang Valentino Rossi, yang mencapai ini pada usia 26 tahun 165 hari.

13: Musim ini Marquez telah memenangkan seri lebih banyak di MotoGP dari pada pembalap lain dengan 8 seri. Dia juga mencetak podium terbanyak (13) dan posisi pole terbanyak (9).

GM-helm SSS Racing