Bukan Karena Cedera, Maverick Vinales Tak Diturunkan Yamaha di GP Austria Pekan Ini

Bukan Karena Cedera, Maverick Vinales Tak Diturunkan Yamaha di GP Austria Pekan Ini | Foto : MotoGP

BalapMotor.Net – Kabar mengejutkan datang dari tim Monster Energy Yamaha MotoGP. Jelang GP Austria yang akan berlangsung akhir pekan ini (13-15/8), tim ini memutuskan untuk tidak menurunkan pembalapnya Maverick Vinales.

Maverick Vinales sendiri tidak diturunkan bukan karena cedera. Seperti rilisan dari laman resmi MotoGP, tim Monster Energy Yamaha MotoGP mengumumkan menarik keikutsertaan Vinales pada balapan akhir pekan ini.

Alasannya, karena perlakuan Vinales saat menunggangi Yamaha YZR-M1 di GP Styria pekan lalu tidak teratur. Tim Monster Energy Yamaha MotoGP tidak menginformasikan secara detail cara Vinales memacu motornya tersebut.

SSS Racing

Keputusan Yamaha adalah bahwa tindakan pembalap dapat berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan pada mesin motor YZR-M1 miliknya yang dapat menyebabkan risiko serius pada pembalap itu sendiri dan mungkin membahayakan semua pembalap lain di MotoGP.

Vinales sendiri sebenarnya mampu tampil apik di race GP Styria sebelum start diulang karena insiden Pedrosa dan Savadori. Tetapi saat restart motor M1 tunggangan Vinales mogok dan harus start lewat pitlane.

Vinales yang memutuskan menyudahi kontrak bersama Yamaha pada akhir tahun ini sendiri akhirnya finish ke-18 itu juga lewat pitlane. Mengenai perlakuan Vinales sendiri tentunya diketahui tim lewat data telemetri yang canggih.

GM-helm PARD