Di Musim 2019, Mesin Moto2 Dipasok Oleh Triumph Bukan Honda

Triumph jadi pemasok mesin tunggal Moto2 musim 2019 | foto: autosport

BalapMotor.Net – Triumph akan menjadi pemasok mesin tunggal untuk balapan Moto2 mulai musim 2019. Produsen asal Inggris ini akan menggantikan posisi dari Honda, yang akan habis kontraknya sebagai pemasok mesin kelas menengah di akhir 2018. Hal itu telah dikonfirmasi oleh pihak Dorna kepada Autosport.

Moto2 sendiri telah ada sejak 2010, kelas menengah ini menggantikan ajang balapan 250cc, dan tentu perubahan pun datang, dimana di kelas ini menggunakan mesin empat silinder dari Honda CBR 600RR.

Selama sembilan musim telah bertransisi, dan masih kurangnya campur tangan dari orang-orang penting, Dorna selaku promotor MotoGP memutuskan pada akhirnya mencari alternatif.

Yamaha

Menurut sebuah laporan Speedweek, pembicaraan pertama berlangsung dengan MV Augusta, yang mengesampingkan proyek dengan alasan biaya. Dan kemudian pilih kedua dengan Triumph, yang merasa senang bisa terlibat dalam kejuaraan balap dunia yang banyak sekali penggemarnya.

Dengan hadirnya Triumph sebagai pemasok tunggal mesin Moto2, maka akan menggunakan mesin tiga silinder dengan 750cc yang mampu menghasilkan 160 tenaga kuda, ini tentu lebih gahar dari edisi sebelumnya.

Perjanjian ini pun dikabarkan sudah disepakati oleh kedua belah pihak, dan telah ditandatangani oleh produsen Hinckley dan Dorna, kemungkinan akan diumumkan pada putaran pembukaan musim 2017 pada 26 Maret di Qatar. (Deni)

SSS Racing GM-helm