Jangan Salah Kaprah Saat Memilih Rantai, Ternyata Ada Kode-Kodenya, Yuk Simak Tips Dari SSS Racing

Jangan salah memilih rantai untuk motor kalian, ada kode-kode yang perlu dipelajari

BalapMotor.Net – Ternyata nih, banyak sekali hal yang perlu kita ketahui saat memilih rantai untuk motor kita. Ada beberapa kode di rantai yang perlu kita pahami agar kita tidak salah membali rantai tersebut.

Kali ini penulis dapat tips dari Hanky Kurniawan yang dari SSS Racing Indonesia. Hanky menjelaskan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mau milih rantai.

Rantai & Gir SSS Racing Borong Gelar Juara Region Motorprix Jawa 2017
Hanky Kurniawan
Berikut tips penting sebelum membeli rantai yang cocok untuk motor balap mania.
  1. Cek terlebih dahulu kapasitas (cc) motor kamu, serta juga fungsi rantai yang akan balap mania beli. Apakah rantai yang akan kamu beli untuk harian, touring atau balap.
  2. Pilihlah jenis rantai yang sesuai dengan kapasitas motor balap mania.
  3. Pastikan rantai yang akan kamu beli sama ukurannya sama dengan gir yang digunakan. Contohnya 415,428 atau 520.
  4. Penting untuk melakukan first adjustment (penyetelan pertama) pada rantai yang baru kamu pasang, kurang lebih seminggu setelah pembelian.
    LENKA MiniGP SSS Racing

    Keterangan pada rantai

Selain itu, Hanky Kurniawan juga menambahkan bahwa kita juga haru tau kode-kode dari rantai. Ini tentunya akan menjadi patokan saat kita akan membeli. Jadi tidak hanya asal beli saja sob.

“Rantai sendiri ada kode seri yang harus kita pahami. Misanya H itu heavy duty, lalu SB itu solid bush yang artinya bushing terbuat dari plat besi utuh yang meningkatkan performa rantai agar tidak mudah molor.” Terang Hanky Kurniawan.

Jangan salah kaprah yah

“Ada juga kode T, yang artinya ada special grease yang menggunakan gemuk special teknologi Jepang yang mampu memaksimalkan pelumasan pada system rantai. Makanya untuk balap seri rantai kita tipenya HSBT yang komplit,” tambah Hanky Kurniawan yang juga sering muncul di gelaran balap nasional ini.

Jadi jangan salah kaprah yah, balap mania kudu paham biar nggak kecewa di belakang.

 

 

APRILIA GM-helm VND Racing PARD