Tidak Mau Kalah, Suzuki Juga Akan Bawa Pembalapnya Ke Kancah Balap Dunia

GM-helm

BalapMotor.Net – Setelah kemarin BalapMotor.Net telah mengulas tentang keinginan Rafid Topan Sucipto untuk kembali berlaga di ajang balapan dunia bersama Suzuki, banyak pertanyaan tentu saja, karena Suzuki saat ini tidak terlihat jenjang yang pasti kepada pembalapnya. Namun sekarang kita bisa melihat memang benar adanya kalau Suzuki saat ini sedang gencar kembali berpromosi di arena balap motor, buktinya setelah di 2014 lalu serius turun di ajang Indoprix dan IRS, kini Suzuki telah mengumumkan bahwa Suzuki juga akan membuat event OMR Suzuki Satria FU untuk para pembalap Asia.

Bersamaan dengan ajang seri Asia Road Racing Championship di Chang Internasional Circuit Thailand Suzuki mengumumkan ajang balap yang dinamai Suzuki Asian Challenge, nantinya para pembalap muda Suzuki dari seluruh wilayah Asia akan diadu dengan menggunakan unit motor Suzuki Satria FU. Kejuaraan ini akan dimulai di musim 2015 dan bakalan mendompleng beberapa seri ajang FIM Asia Road Racing Championship atau yang lebih terkenal dengan sebutan Asian GP.

Press Conference Suzuki Asian Challenge di ARRC Thailand
Press Conference Suzuki Asian Challenge di ARRC Thailand

Dengan demikian ajang ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan ajang Honda Asia Dream Cup ( ADC ) yang sudah diadakan sejak 2012, dengan mentor yang sama-sama pembalap top dunia, jika di ADC saat ini Shinya Nakano, nah di Suzuki Asian Challenge Yukio Kagayama yang dijadikan mentornya.

Menurut Mr. Motoo Murakami, Managing Director 2W PT. Suzuki Indomobil Sales, balap Suzuki Asian Challenge akan menjadi dasar dari program balap terstruktur yang pada akhirnya akan menjadi akses bagi Suzuki untuk menemukan pembalap terbaik dari wilayah Asia.

“Kembalinya Suzuki ke balap MotoGP 2015 telah diketahui oleh para fans dan publik. Kolaborasi dengan Asia Road Racing Championship ini adalah bukti kepedulian Kami untuk melatih lebih banyak talenta pembalap dari Asia yang mungkin akan menjadi pembalap Suzuki di MotoGP pada waktu yang akan datang. Dengan begitu, Suzuki Asian Challenge akan menjadi langkah terbaik bagi perkembangan para pembalap muda berbakat dari wilayah Asia. Pengelolaan program balap tersebut dipercayakan kepada Yukio Kagayama yang telah memiliki segudang pengalaman di MotoGP, World Superbike, World Endurance dan Japanese Championship baik sebagai pembalap maupun team manager/owner.” Ujar Mr. Murakami.

Makin ramai nih kalau begitu persaingan para pabrikan di Indonesia untuk bersaing membawa para pembalapnya ke ajang dunia, semoga saja bukan PHP alias pemberi harapan palsu saja, ayo kita dukung. luvo | SIS

SSS Racing