Lebih Dekat Dengan Ricky Sitompul, MC Balap Yang Pegang Sentul

GM-helm

BalapMotor.Net – Buat balap mania yang sering nonton balapan di sirkuit Sentul baik besar maupun kecil mungkin tidak akan asing mendengar suara khas dari MC balap yang satu ini. Frederick Sitompul atau yang lebih dikenal dengan pangilan Ricky Sitompul saat ini merupakan MC yang selalu dipakai untuk acara balapan di sirkuit Sentul. Baik balapan motor, maupun balapan mobil pasti selalu saja suara khas dari MC kelahiran Jakarta 32 tahun yang lalu ini.

Saat di selidiki ternyata bakat menjadi MC balap itu merupakan bakat turunan dari ayah kandungnya yaituAlm. Kasih Darmawan  Oloan Sitompul yang merupakan MC olahraga keras yang terkenal dari 1970 sampai 1990an.

Ricky memulai debut menjadi MC balap berawal pada akhir tahun 2006 dimana pada awalnya Ricky mulai suka dengan dunia otomotif dengan ikutan balap liar di Kemayoran ( motor ) dan Asia-Afrika ( mobil ) nah saat ketahuan papa dan langsung dibawa ke Sentul. Dari situlah saya mulai diajari untuk jadi  race comentator  alias MC balap.” Tutur suami dari Angela ini.

Ricky Saat Jadi Race Comentator di IRS ( Paling Kanan )
Ricky Saat Jadi Race Comentator di IRS ( Paling Kanan )

Saat ditanya bagaimana kok bisa menjadi MC balap tetap di sirkuit Sentul, Ricky yang juga sudah banyak mendapatkan kepercayaan untuk jadi MC di luar Sentul ini bercerita.

” Awalnya saya ditunjuk oleh manjer sirkuit Sentul Bu Lola untuk menggantikan papa, namun lucunya itu bukan karena skill melainkan karena wajah, badan sama suara saya mirip dengan Papa.  Awalnya canggung juga.. .tapi karena sentul sudah percaya makanya aku coba belajar dan mulai lah aku belajar dari teman-teman media, karena dari mereka aku bisa dapat banyak ilmu. ” ungkap Ricky yang sarjana FIKOM Universitas Dr. Moestopo ini.

Nah mau jadi apapun, pastinya akan banyak suka duka yang dirasain, nah seperti juga yang dirasakan oleh MC yang kalau jadi MC di Sentul kudu bolak-balik dari podium ke menara pengawas ini.

” Kalo mas nanya soal  dukanya…hmmm…. Yang pertama sie saat masa transisi dari papa ke aku, ada beberapa kali orang dibawah podium teriak-teriak untuk aku turun dan mengejek bisa tidak jadi MC .Ada juga saat bawakan salah satu balap asian roda 4, tau-tau tidak di bayar. Sama terkadang kalo kita sudah bawakan acara balap dengan balap satu merk,terkadang merk lain tidak mau pakai aku lagi dan terkadang musuhin..” ungkap Ricky .

Ricky Saat di menara pengawas mengabarkan jalanya lomba
Ricky Saat di menara pengawas mengabarkan jalanya lomba

“Untuk sukanya mas sudah pasti bisa kenal sama pembalap-pembalap terbaik indonesia.bahkan beberapa diantaranya tinggal satu tingkay lagi menuju tangga F1,untuk yang roda 4.kalo yang roda dua aku bisa kenal pembalap-pembalap muda bertalenta yang lahir tidak hanya dari pulau jawa,tapi mereka bisa kompetitif dan bisa mengharumkan nama indonesia di dunia international.

“Kalau di Jetski aku senang banget bisa kenal pembalapnya yang sudah bisa menjadi juara dunia Jetski. Aku kenal pembalap ini dari usianya 10 tahun. Sekarang usianya 19 tahun, tapi sudah mengharumkan indonesia,dan bisa juara dunia. Untuk Suka yang lainnya dengan penghasilan dari cuap-cuap di dunia balap ini hasilnya bisa aku pakai untuk selesai kan kuliah ku.hehehe ditambah lagi bisa buat nabung mas, apalagi istri saya lagi hamil 5 bulan, kan bisa buat masa depan si jabang bayi mas.” Tutur Ricky

Waduh ternyata banyak juga yah suka dan  dukanya hehe. Itulah profil seorang Frederick ” Ricky ” Sitompul MC kondang yang pegang sirkuit Sentul.Buat yang punya hobi balap, pokoknya salurkan saja hobimu, namun untuk hal yang positif. Luvo

SSS Racing