Jupiter Dari Kota Angin, Penggoyang Para Jawara Bebek 130

K-cil, Raditya, Yudha Sanjaya dan Rudi TK Racing
Yamaha

BalapMotor.Net – Kelas Bebek 4 Tak TU 130cc di ajang drag bike tanah air memang kali ini merupakan salah satu kelas yang cukup populer. Banyak sekali para mekanik top yang selalu riset agar kuda besinya bisa jadi jawara di kelas ini.

Salah satu kuda besi yang kedepanya bakalan memberikan perlawanan yaitu kuda besi Yamaha Jupiter Z dari tim TK Racing JFK TYB IRC VND K-Ijo Nganjuk. Kuda besi karya dari Rahadian alias K-cil Madiun ini baru 2 kali turun di ajang CST Kejurnas Drag Bike langsung berikan kejutan.Jupiter 130

Digeber oleh Sinyo Marcelle, Kuda besi yang menggunakan knalpot TYB ini langsung bisa jadi jawara dengan time 8,2 detik di Kejurnas Drag Bike Situbondo dan berlanjut di Kejurnas Drag Bike Surabaya bisa ke-3.Tentu saja menggebrak karena motor ini bukan karya dari mekanik yang sudah beken, melainkan karya dari K-cil tersebut.

” Motor ini merupakan motor spek terbaru yang merupakan generasi ke-4 dari spek-spek yang bikin sebelumnya. Untuk kali ini saya sedikit terbantu oleh TK Racing yang ikut membantu riset, dan saya bersyukur bisa mendapatkan hasil yang maksimal di 2 event yang diikuti. ” tutur Rahadian K-cil.

Hasil Dyno di Polaris Variasi Jakarta
Hasil Dyno di Polaris Variasi Jakarta

Saat ditelusuri lebih lanjut, ternyata kuda besi Jupiter ini disupport penuh juga oleh TK Racing. Terbukti penggunaan Koil, piston, Kruk As, Bearing, dan pelek menggunakan produk dari TK Racing. Saat di coba Dyno di Polaris Variasi di Jakarta, ternyata kuda besi ini mempunyai power yang cukup besar.

Saat di dyno tenaganya 22 HP dan torsinya 27
Saat di dyno tenaganya 22 HP dan torsinya 27

Dengan alat dyno merk Dyno Jet, Jupiter dari tim yang digawangi oleh Bang Toyib ini menyemburkan power maksimal 22,9 HP di 10210 RPM. Untuk torsinya sendiri motor yang berkelir khas dari tim K-Ijo ini memuntahkan torsi 27,53 NM di 4228 RPM. Dengan power dan torsi segini tentu saja motor ini beneran bakalan memberikan perlawanan di seri balap lurus kedepanya. [ luvo ]

Data Modif :

Piston : TK Racing 55,25mm
Karbu : Keihin PWK 28mm
Kruk As : TK Racing
Koil : TK Racing
Bearing : TK Racing
Kampas Kopling : TK Racing
Pelek : TK Racing
Ban : IRC Speed King
Knalpot : TYB

SSS Racing GM-helm