Yamaha Pabrikan Melempem di FP Hari Pertama, Kembali Tak Kompetitif di Sirkuit Jerez

yamaha-pabrikan-melempem-di-fp-hari-pertama-kembali-tak-kompetitif-di-sirkuit-jerez
Maverick Vinales tak maksimal di FP MotoGP Jerez hari pertama | Foto: autosport
Yamaha

BalapMotor.Net – Yamaha pabrikan kembali tak bisa berbuat banyak di Sirkuit Jerez, hasil FP hari pertama menempatkan duo pembalap Rossi dan Vinales di posisi yang tak diharapkan. Sama seperti pada musim lalu, kedua pembalap ini mengalami kesulitan di Jerez.

Pada FP1 Rossi menempati posisi tercepat keenam sementara Vinales di posisi kesembilan, hasil FP2 juga belum bisa menempatkan posisi kedua pembalap di barisan terdepan Rossi berada di posisi kesembilan sementara Vinales di posisi kesepuluh.

Baik Valentino Rossi dan Maverick Vinales merasa kecewa dengan hasil ini, bahkan keduanya pesimis mampu berbicara banyak pada balapan akhir pekan nanti. Tim mengatakan bahwa mereka alami kendala karena tidak ikut ambil bagian pada sesi private tes Jerez lalu, sehingga tak punya banyak data.

“Kami tahu bahwa harus melakukan sedikit hal yang berbeda di hari pertama berada di Jerez, karena kami tak ikut tes di sini, tetapi kami harapkan mampu meraih hasil lebih baik lagi pada tahapan ini. Kami akhirnya memilih gunakan ban soft saat time-attack tapi hasilnya tak seperti yang kami inginkan. Kami harus segera meningkatkan kecepatan, yang paling penting untuk balapan,” kata Massimo Meregalli.

yamaha-pabrikan-melempem-di-fp-hari-pertama-kembali-tak-kompetitif-di-sirkuit-jerez
Rossi merasa ada masalah pada keseimbangan motor | Foto: autosport

Rossi mempermasalahkan keseimbangan motor, dirinya merasa tidak nyaman dan meminta adanya perbaikan. “Saya tidak terlalu senang dengan keseimbangan motor, dan keseimbangan perlu diperbaiki. Tapi kami juga sedikit menderita dengan ban, aspal baru ini terlalu banyak wheelspin, dan tentunya saya kewalahan. Setelah beberapa lap, kami kehilangan pegangan dan kecepatan membuat kami sedikit lebih lambat dibanding rival,” ujar Valentino Rossi.

Hasil kurang maksimal di FP hari pertama buat Maverick Vinales khawatir tak lolos Q2. “Hari ini saya tidak memiliki perasaan yang bagus. Saya tidak baik sepanjang FP1 dan FP2. Di Austin kami alami peningkatan yang signifikan, tetapi sejak kembali kesini kami bermasalah lagi. Motor ini belum konsisten, jadi kami harus tetap bekerja dan fokus. Vale juga alami masalah yang sama, kami harus segera menemukan solusinya,” kata Maverick Vinales. [Deni]

SSS Racing GM-helm