Rea Pecahkan Rekor, Tim Kawasaki Green Start Dari Pole Position

rea-pecahkan-rekor-tim-kawasaki-green-start-dari-pole-position
Jonathan Rea catatkan waktu tecepat sekaligus pecahkan rekor di kualifikasi Suzuka 8 Hours Endurance 2018 | Foto: Crash

BalapMotor.Net – Jonathan Rea secara luar biasa akhirnya mampu pecahkan rekor, pembalap yang satu ini catatkan waktu 2menit 05.168detik di sesi Q2 sekaligus mencatatkan rekor tercepat mengalahkan milik Pol Espargaro 2menit 06.000detik yang dicetak pada tahun 2015.

Hal ini tentu membuka peluang buat Kawasaki untuk bisa memutus dominasi Suzuka 8 Hours Endurance, mengingat performa Kawasaki dan tiga pembalapnya luar biasa sejak sesi Practice di hari pertama, terus menempel ketat tim Yamaha yang punya rekor bagus di balap ketahanan.

LENKA MiniGP SSS Racing

“Itu tidak terlalu penting, ini tentu jadi kejutan yang menyenangkan, tetapi saya berharap mampu tampil cepat lagi. Dengan ban yang memenuhi syarat akhirnya rekor terpecahkan dengan catatan waktu 2menit 05detik ini sesuatu yang luar biasa di sepanjang kualifikasi yang gila,” ujar Jonathan Rea.

“Tentu itu adalah catatan waktu yang bagus, karena saya tidak melakukan banyak kesalahan. Sempat ada hambatan karena ada pembalap yang melambat, tetapi itu bukanlah masalah, karena ada beberapa area di mana saya mampu kembali cepat dan itu berhasil. Awalnya saya tak menyangka bisa lebih cepat dari 2menit 06detik, karena ini adalah digital dash jadi saya pikir salah satu garis telah hilang,” paparnya.

Sejak sesi Practice hingga kualifikasi catatan waktu Rea terus dipertajam, bahkan terus menempel ketat catatan waktu miliki tim Yamaha Factory Racing. Tentu bukan tidak mungkin jika performa apik ini mampu dipertahankan hingga balapan nanti, Kawasaki bisa meraih kemenangan.

“Saya memang tidak berpengalaman di balapan ketahanan jadi saya coba untuk menyesuaikan kembali. Saya tidak melakukan banyak pengujian, tes pertama yang saya lakukan di sini, bukan jalur terbuka sehingga saya tidak memiliki terlalu banyak jarak tempuh sehingga saya mencoba menyesuaikan semuanya,” tambah Rea. [DK]

GM-helm VND Racing PARD