Raih Hasil Minor di MotoGP 2018, Kouji Tsuya Pamit Dari Yamaha

raih-hasil-minor-di-motogp-2018-kouji-tsuya-pamit-dari-yamaha
Kouji Tsuya mundur dari Yamaha MotoGP | Foto: motorsport
Yamaha

BalapMotor.Net – Performa buruk yang diraih oleh Yamaha di sepanjang MotoGP 2018 membuat Kouji Tsuya memutuskan untuk mundur dari jabatan kepala teknis Yamaha. Posisinya akan digantikan oleh Takahiro Sumi, yang saat ini merupakan kepala divisi sasis.

Pencapaian Yamaha di MotoGP 2018 memang terbilang buruk, hanya mampu meraih satu kemenangan. Bahkan di papan klasemen pabrikan berlogo garpu tala ini melorot ke posisi ketiga, berada di belakang Ducati. Padahal biasanya tak pernah absen berada di posisi pertama atau kedua.

raih-hasil-minor-di-motogp-2018-kouji-tsuya-pamit-dari-yamaha
Kegagalan tembus 10 besar kualifikasi MotoGP Austria jadi pemicu | Foto: motorsport

Puncak keterpurukan pabrikan asal Jepang terjadi ketika Tsuya meminta maaf kepada Valentino Rossi dan Maverick Vinales, yang kala itu gagal tembus posisi 10 besar di kualifikasi MotoGP Austria. Tsuya sudah menjadi kepala teknis Yamaha sejak 2017 lalu, menggantikan menggantikan Kouichi Tsuji. Namun sayang, dibawah kepemimpinannya ditandai dengan hasil buruk, kalah saing dari Honda juga Ducati.

Dilansir dari laman autosport.com, Yamaha berharap banyak pada Takahiro Sumi. Yamaha ingin dapat mengulang kembali kejayaan saat ditangani oleh Masao Furusawa dan Masahiko Nakajima yang kala itu berhasil meraih tujuh gelar juara dunia, bersama dengan Rossi dan Lorenzo.

Yamaha fokus memperbaiki akar permasalahan yang selalu dihadapi pada dua musim terakhir, sebelum menghadapi tes pra-musim di Sepang nanti tim terus bekerja keras mengupayakan menemukan setting yang cocok dan pas untuk duo ridernya, Rossi dan Vinales. [DK]

SSS Racing GM-helm