Race MotoGP Malaysia Dimajukan, Valentino Rossi Anggap Ini Keputusan Cerdas

race-motogp-malaysia-dimajukan-valentino-rossi-anggap-ini-keputusan-cerdas
Race dilangsungkan lebih awal, Valentino Rossi anggap itu keputusan cerdas | Foto: Crash
Yamaha Bpro Racing

BalapMotor.Net – Race MotoGP Malaysia yang berlangsung hari ini (04/11) waktu setempat secara resmi dimajukan, karena melihat potensi turun hujan lebat menjelang sore hari. Rossi anggap bahwa ini adalah keputusan yang cerdas.

The Doctor lanjutkan tren positif Yamaha, jika sebelumnya ia mampu kompetitif di Buriram dan Phillip Island dalam kondisi trek kering, kini ia mampu tuntaskan kualifikasi basah di posisi ketiga, bahkan posisi startnya naik ke posisi kedua setelah Marquez djatuhi penalti.

Rossi sempat pesimis mana kala hujan lebat turun pada sesi Free Practice, Sabtu (03/11). Khawatir tak mampu maksimal dan gagal lolos ke Q2. Namun, Rossi akhirnya mampu selesaikan kualifikasi dengan baik dan start dari baris terdepan.

“Satu sisi kami berpikir mungkin lolos, karena ramalan mengatakan turun hujan lebat hingga pukul delapan. Jadi, jika Anda lihat waktu free practice, saya kesembilan, harus memulai dari baris ketiga. Tentunya jauh lebih baik start dari baris terdepan, sangat penting dan saya juga merasa senang performa motor,” ucap Valentino Rossi.

“Dalam kondisi basah, saya bisa membalap dengan cara yang baik dan tentunya tidak begitu buruk, sekarang kami harus menunggu bagaimana kondisinya, karena bagi saya ini adalah keputusan yang cerdas melangsungkan balapan pada pukul satu. Kami akan memiliki lebih banyak peluang ketika kondisi kering, tetapi ketika kami harus menunggu hingga pukul tiga tentu kesempatan itu sirna, lebih baik kami tidak balapan. Jadi, ini bagus dan kita akan tunggu, kita akan lihat,” tambahnya.

Meskipun balapan berlangsung lebih awal, Rossi tekankan bahwa hujan bisa saja turn lebih cepat. Di sisi lain ia tetap mewaspadai kiprah para pembalap Spanyol di Sirkuit Sepang, seperti Marc Marquez dan Maverick Vinales keduanya mampu tampil cepat.

“Menghadapi kondisi kering saya tidak terlalu buruk, utamanya di hari Jumat saya menjadi lebih kuat, tetapi hari ini saya bekerja lebih banyak menggunakan ban lama dan pace saya begitu baik, tetapi Marquez dan Vinales tampil lebih cepat dari saya. Jadi, tentunya kami perlu mencoba melihat apakah akan ada peningkatan esok hari,” paparnya Rossi.

“Musim lalu, dengan motor 2017, itu adalah mimpi buruk. Kami selalu bangun di pagi hari, melihat jendela, karena kami tak inginkan basah! Motor ini di sini jauh lebih baik, Anda bisa merasakannya, tetapi ketika hujan lebih turun kami tidak tahu, tetapi motor ini juga memiliki kesan pertama yang bagus,” lanjutnya. [DK]

SSS Racing GM-helm