Kasihan Tim Kecil, Akhirnya Swing Arm Carbon Dilarang Digunakan di Moto3

Swing Arm Carbon. |Foto: MotoGP
Yamaha

BalapMotor.Net – Komisi Grand Prix telah mengumumkan larangan  pada penggunaan swingarm Carbon di Kejuaraan Dunia Moto3. Swingarm jenis tersebut memang digunakan oleh banyak tim di kancah balap MotoGP.

Memang part tersebut sedang ramai digunakan di kancah MotoGP dan Moto2. Gosipnya Honda dan KTM telah menawarkan pengunaan part tersebut (Swing Arm Carbon) untuk digunakan tim mereka di kejuaraan Moto3.

Swing Arm Carbon memang memiliki harga yang bisa dibilang tidak masuk akal atau nggilani. Tim di Moto3 harus merogoh kocek dalam jika ingin memakai swing arm karbon tersebut. Jadi larangan ini semata hanya untuk mengurangi pengeluaran tim kecil Moto3 yang memiliki anggaran tidak terlalu besar.

“Materia swing-arm ini (Carbon) berharga 250 ribu Euro, kami tidak bisa selalu menggunakan Part tersebut.” Ungkap Cal crutchlow. Yes 25 ribu Euro bisa dapet 6 unit Ducati Panigale V4R.

Apalagi kalau sampai crash dan rusak, biaya yang dikeluarkan bakal lebih besar. Tim yang berkompetisi di kelas Moto3 tentunya beda dengan tim yang ada di kelas MotoGP yang kekayaannya bisa lebih dari 10 kali lipatnya.

Jika tim yang kaya bisa memakai, lalu tim yang tidak kaya tidak memakai, maka tim yang tidak kaya akan sulit berkembang. Intinya sih biar adil dalam bertarung menjadi juara.

 

GM-helm SSS Racing