Jorge Lorenzo Kini Tak Punya Alasan Untuk Kalah Dari Marc Marquez, Sang Legenda Angkat Bicara

jorge-lorenzo-kini-tak-punya-alasan-untuk-kalah-dari-marc-marquez-sang-legenda-angkat-bicara
Lorenzo tak punya alasan lagi untuk kalah dari Marquez | Foto: motorsport
Yamaha

BalapMotor.Net – Jorge Lorenzo sekarang tak punya alasan untuk kalah dari Marc Marquez. Gabung ke Honda dan akan menjadi tandem dari Marquez musim depan, Lorenzo akan memiliki motor yang sama seperti sang juara bertahan.

X-Fuera yang sudah menjalani tes dengan Honda, pada tes terakhirnya mengendarai RC213V mampu terus pangkas gap dengan Marquez, terakhir gapnya +0.039detik. Ini adalah proses adaptasi yang baik dan cepat di atas motor barunya.

Dalam wawancara bersama untuk motorsport.com dan motogp.com juara dunia GP 500cc lima kali, Doohan mengatakan musim depan Lorenzo tak bisa beralasan lagi kalah dari Marc Marquez. Apalagi diprediksi musim depan, Honda bakal lebih akomodatif terhadap apa yang dibutuhkan oleh Lorenzo daripada sebelumnya di Ducati.

“Saya pikir Lorenzo ketika itu berada dalam situasi rumit, banyak tekanan. Tetapi di sisi lain, itu bisa positif karena satu-satunya hal yang dapat dia lakukan adalah mengalahkan Marc dengan senjata yang sama,” ujar Doohan.

“Ini seperti ketika Eddie Lawson ke Honda dan mengatakan jika Wayne Gardner menggunakan motor yang sama, dia tidak bisa berada di level yang sama. Dan Gardner tiba dan memenangi gelar kala itu (pada 1987),” lanjutnya.

Menjadi tandem dari Marc Marquez, Doohan menjelaskan bahwa Jorge sepertinya ingin mengambil tantangan apakah dirinya mampu menang melawan Marquez atau tidak. Dengan pengalamannya dia diprediksi bakal cepat beradaptasi.

“Saya cenderung berpikir ini salah satu alasan mengapa Jorge mengambil tantangan menjadi tandem dari Marc, untuk mengetahui apakah dia mampu menang melawannya. Jorge tidak punya alasan apapun karena dia akan memiliki sumber daya yang sama seperti Marc,” papar Doohan.

“Masih harus dilihat bagaimana dia beradaptasi dengan metode kerja Honda, karena Marc sudah lebih lama disini dan tahu segalanya dengan baik. Namun, Jorge memiliki banyak pengalaman dan saya pikir dia akan beradaptasi dengan cepat. Kita tidak akan mendengar lagi, ‘Andai saja saya memiliki…’,” tambahnya.

Doohan juga menaruh harapan terhadap Jorge Lorenzo di Honda yang menggantikan posisi Dani Pedrosa, diharapkan mampu menciptakan kompetisi di garasi Honda, apalagi jika Lorenzo mampu meraih hasil lebih baik pastinya akan membuat Marquez termotivasi lagi.

“Saya harap datangnya Lorenzo bakal lebih memotivasi Marc. Saat saya masih balapan, saya khawatir tentang rekan setimnya, mungkin itulah juga yang dirasakan oleh Marc,” kata Doohan. [DK]

SSS Racing GM-helm