Waspada Microsleep Saat Berkendara, Ini Tips Mencegahnya!!!

Waspada Microsleep saat berkendara | Foto : @hondaistimewa.id

BalapMotor.Net – Bahaya microsleep terus mengintai bagi pengendara baik sepeda motor maupun kendaraan lainnya. Microsleep sendiri adalah tidur yang berlangsung selama beberapa detik. Orang yang mengalami microsleep terkadang tidak menyadari telah tertidur.

Tentu saja microsleep dapat menyebabkan kecelakaan. Ini sudah cukup sering terjadi baik di Indonesia maupun di belahan dunia lainnya. Muhammad Ali Iqbal selaku Community Development & Safety Riding Supervisor Astra Motor Yogyakarta memberikan tips agar terhindar dari microsleep saat berkendara.

“Untuk mencegah microsleep sebaiknya kita melakukan pemanasan selama 5-10 menit sebelum berkendara agar meningkatkan reflek berkendara serta konsentrasi. Dalam berkendara aturan beristirahat setiap 2 jam sekali meskipun fisik kita masih kuat dalam berkendara, namun konsentrasi kita akan menurun setelah 2 jam berkendara,” terang M Ali Iqbal.

SSS Racing GM-helm

Lalu bagaimana mendeteksi kemungkinan datangnya microsleep tersebut? “Microsleep bisa di deteksi dengan berkurangnya fokus kita dalam berkendara. Sebaiknya sebelum terkena microsleep kita beristirahat tiap 2 jam. Saran saya kita sebaiknya jangan sampai terkena microsleep saat berkendara karena itu sangat berbahaya dan beresiko kecelakaan. Jangan sampai mengorbankan nyawa karena tidak ingin beristirahat sejenak,” tambah M Ali Iqbal.

VND Racing PARD