UNIKNYA BALAP MOTOR DI VIETNAM

GM-helm

Balap motor memng diseluruh dunia pasti ada eventnya. Dari negara kecil sampai negara besar pastia ada kejuaraanya dan berbeda pula jenis balapanya. Di Asean seperti Indonesia dan lainya balapanya didominasi oleh balap motor bebek, ya karena penjualan motor di asean didominasi oleh motor jenis Cub atau Underbone.

Nah bicara balapan motor di asean, ada yang unik nih dari negara bekas jajahan Amerika Serikat yaitu Vietnam. Dibilang unik karena dibanding negara-negara Asean lain seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Fhilipna jauh banget kelasnya dah. Balapanya hanya mengandalkan aspalan  lapangan bola di dalam stadion yang biasa digunakan untuk olahraga atletik. Ya seperti balap Nascar gitu, jangankan lampu start, wong startnya aja pake tali yang melintang jalan, trus jika start tali ditarik keatas agar pembalap bisa lewat.

Ga cuma itu, soal safetynya itu kayaknya ga diperhitungkan oleh panitia ataupun pembalap, seperti balapn yang ada di foto-foto ini. Balap ini titelnya Cub prix dan seperti kejurnas disini. Masa make helm half face atau separoh aja ga majalah, lalu hanya memakai sepatu kets biasa gapapa, sarung tangan juga ga ada yang makai widihh… kalau jatuh pie yah. Padahal banyak juga loh yang make wearpack bermerk yang biasa dipakai pembalap dunia seperti Berik dan juga merk-merk tenar lainya. namun banyak sih yang cuma make perlengkapan seperti anak club mau touring.

Yang balap-motor bingungkan itu kok penontonya ramai dan sangat antusias, selalu meadati kursi-kursi di tribun stadion sambil bertepuk tangan. Untuk ukuran harga Tiket masuknya juga tidak masuk akal yaitu 150.000- 180.000 VND atau kalau di kurs Rupiah sekitar 80 ribuan dan hanya liat pembalap muter-muter. Padahal buat event sekelas Indoprix aja kalau main di Sentul Gratis tis.. haha.
buat yang mau ngakak yuk liatin aja foto-foto saat event Vietnam Motor Cup Prix seri ke-2 2012yang balap-motor.com rangkum dari mbah google. DL



SSS Racing