Tips Merawat Rantai O-Ring Agar Panjang Umur, Jangan Sembarangan!

BalapMotor.Net – Rantai menjadi salah satu part motor yang penting. Harus dirwat dengan baik agar tidak mudah rusak dan tetap bekerja dengan maksimal. Kalau rusak dijalan kan bahaya, juga pastinya merepotkan.

Nah, berikut sedikit tips tentang perawatan rantai khususnya o-ring. Rantai tipe ini menggunakan seal atau karet diantara besi-besinya. Tujuannya untuk meredam gesekan antara plat/dinding rantai dengan rollernya.

Selain itu juga berfungsi untuk menjaga pelumas agar rantai selalu terlumasi dengan baik. Sehingga rantai bisa bekerja dengan optimal dan tidak mudah berkarat. Awet untuk rantai juga untuk dompet.

SSS Racing

Pertama, ketika akan membersihkan rantai jangan gunakan bensin. Karena dengan bensin justru dapat menyebabkan seal itu menjadi melar sehingga rantainya pun mudah kaku.

Selanjutnya, usahakan pakai chain cleaner dan chain lube khusus untuk rantai o-ring. Selain itu, jangan gunakan juga pembersih atau pelumas berbahan tajam yang dapat merusak seal pada rantai.

Tak kalah penting juga saat mencuci motor, jika menggunakan air bertekanan tinggi, usahakan jangan sampai kena rantainya karena air bisa masuk melalui celah o-ring dan menyebabkan rantai bermasalah, seperti berkarat dan memperpendek umur rantai.

GM-helm PARD