Tips Membeli Ban, Coba Pahami & Baca Dulu Ukurannya!

BalapMotor.Net – Ban menjadi salah satu faktor penting dalam kendaraan kalian. Maka dari itu, pemilihan ban harus tepat dan sesuai dengan kebutuhan.

Nah, ketika ban sepeda motor kalian sudah aus alias gundul, maka alangkah baiknya sebelum membeli ban baru kalian perhatikan dan pahami dulu kode rahasia ataupun ukuran yang tertera diban.

SSS Racing

Hal itu cukup penting agar kalian nantinya tidak salah dalam membeli ban. Karena setiap sepeda motor dan kegunaan dari ban sendiri bermacam-macam. Jadi simak dulu tips yang dibagikan oleh IRC Tire ini yah gaes.

Sebenarnya dalam kode ukuran ban ada dua macam yang biasa disebut metric dan imperial. Namun kali ini kita ambil contoh tentang kode angka metric yang biasa kita jumpai seperti dalam ban IRC.

Contoh ukuran ban

Misalnya dalam ban IRC Exo Trax tertera angka 80/90-14 . M/C 40P tubeless. Maka artinya ban tersebut memiliki lebar 80mm. Sedangkan angka 90 ditunjukan untuk memberi perbandingan tinggi ban yang digunakan terhadap lebar ban.

Perlu diketahui juga, aspek rasio kecil sebuah ban juga akan membuat peningkatan kemampuan stabilitas serta handling sepeda motor kalian.

Nah, selanjutnya tertera angka 14 yang artinya ban tersebut diperuntukan untuk kendaraan yang mempunyai velg dengan ring 14. Seperti pada motor matic, sedangkan motor bebek kebanyakan pakai velg ring 17.

Sementara itu kode 40P menunjukan tentang load index (beban) dan speed index (kecepatan). 40 dimaksudkan ban tersebut mampu menampung beban hingga 140kg sementara P itu merupakan kode kapasitas kecepatan hingga 150km/jam.

Lanjut lagi tentang M/C. Ini yang kadang kita salah mengartikan dimana M/C ini dikira medium compound. Padahal arti dalam ban tersebut maksudnya adalah Motorcycle.

Sementara tulisan tubeless dalam ban mengartikan bahwa ban tersebut termasuk ban tubeless yang tidak perlu menggunakan ban dalam lagi. Cukup sekian dulu ya, semoga menambah wawasan kalian sehingga tidak bingung lagi dalam membeli ban yang sesuai keinginan maupun kebutuhan.

Untuk lebih lanjutnya yuk pantengin video IG TV dari IRC Tire di bawah ini yah gaes.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by IRC Tire Indonesia (@irctire)

GM-helm