Ternyata Rossi Datang Ke Bali Melaunching Yamaha Xabre

BalapMotor.Net – Di awal tahun ini Yamaha benar-benar bikin gebrakan. Bagaimana tidak, ditengah kondisi ekonomi yang masih belum oke Yamaha di 3 minggu ini meluncurkan 3 varian motor terbarunya.Setelah Yamaha New Fino 125 Blue Core dirilis di Bandung, lanjut di Sentul Yamaha memperkenalkan Yamaha Aerox 125LC seminggu setelahnya dan tadi siang (26/1) Yamaha meluncurkan motor sport naked 150cc Yamaha Xabre di The Mulia Hotel Nusa Dua, Bali.Motor yang sebelumnya telah rilis di Thailand ini dilaunching dan selubung penutupnya di buka oleh legenda hidup MotoGP Valentino Rossi.

Selain hadir di peluncuran Xabre, rider asal Italia itu juga berkunjung ke Bali untuk menghadiri National Meeting Main Dealer dan Dealer di awal tahun yang diselenggarakan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dan Yamaha Motor Company (YMC Japan).

Nama Xabre berawal dari filosofi desainnya “ULTIMATE STREET FASHION SPORT” yang terinspirasi dari sebuah sabetan pedang cahaya (Light Saber) yang berkesan X-treme agresif, sangat tajam dan modern. Hal ini bisa langsung dibuktikan saat kita berkendara Xabre di jalan raya, kita akan langsung merasakan “X-TREME FUN RIDING”. Nuansa cara berkendara yang ditawarkan Xabre akan langsung menjadi tren terbaru gaya berkendara dan menjadi pilihan utama anak muda Indonesia.

LENKA MiniGP SSS Racing

Bukan hanya tampil bergaya Fashion Sport, Xabre didukung teknologi mesin 150cc LC4V Fuel Injection yang terbukti memiliki akselerasi atau tarikan yang paling cepat, terkenal irit konsumsi bahan bakar,  karena mesin ini mengadopsi mesin SOHC dengan Cylinder Bore 57mm Langkah Piston 58,7mm yang sangat ideal untuk jalan perkotaan yang padat.

Mesin berteknologi MotoGP ini telah terbukti sangat reliable (mempunyai daya tahan tinggi) karena teraplikasi DiASil Cylinder & Forged Piston yang hingga saat ini tidak mampu diikuti oleh kompetitornya dan lebih dari 2,5 juta konsumen telah membuktikannya dengan daya jelajah yang sangat jauh hingga ratusan ribu kilometer. Dikombinasikan dengan 6 perpindahan kecepatan sehingga power dan tenaga yang dihasilkan sangat sempurna merefleksikan desain konsepnya yaitu : “Street Extreme Show Off Style, Confidence Riding Position, Fun Riding Performance”. Penjelasannya sebagai berikut : 

 “STREET X-TREME SHOW OFF STYLE” Desain terbaru yang modern, ini menampilakan arah “Mass-Forward, Massive & Compact Desain”.

 Mass-Forward Design Desain tangki bahan bakar yang pendek tapi tinggi (permukaan atas 45 mm lebih tinggi dari R15) dikombinasi Air Scoop yang membujur pendek dan bagian ekor yang pendek juga. Memberikan kesan “kuat berotot, ringan dan lincah” serta kesan padat yang terpusat bagian tengah. Sehingga posisi pengendara menjadi tegak, terlihat ramping dan berhasil menampilkan bagian mesin yang X-Treme Look.

 Massive Design Ekspresi karakter Xabre “Besar Padat” karena Cover Body yang kompak sehingga berkesan berotot & bertenaga. Dan kesan sangat kuat dari tampilan USD (UpSide Down) suspensi depan (berdiameter inner tube 37mm).

Compact Design Ukuran mesin yang tepat bersinergi mampu menguatkan kesan “mudah digunakan”. Panjang body yang terlihat compact, dari lampu depan ke lampu belakang panjangnya sangat ideal. Jarak antara head lamp dengan stang (steering axis) hanya 250mm (lebih pendek setengahnya dari R15). Posisi lampu belakang tepat sejajar dengan shaft roda belakang, hal ini mengesankan bagian ekor yang pendek. Hasilnya membuat mengimpresikan kesan “padat dan terfokus kuat di bagian tengah”. Sementara bagian lain dibuat kesan “tipis”, seperti LED lampu depan, lampu belakang dan pengaplikasian “Compact Full digital LCD” dengan digital Instrument Cluster type Negative (Multi display information) dan tiga tingkat kecerahan, yang semakin memberi kesan “sangat tipis” dan sangat compact.

“CONFIDENCE RIDING POSITION” Posisi duduk Xabre yang tegak dengan stang lebar sangat nyaman untuk berkendara di jalan perkotaan yang padat tapi enak diajak bermanuver  X-Treme, lincah. Jika para bikers sudah lumrah dengan  cara berkendara pada umumnya atau posisi berkendara yang bergaya racing seperti di sirkuit, kali ini Yamaha menawarkan nuansa yang berbeda. Tren terbaru di Indonesia dengan Xabre, Anda akan menemukan “Experience drifting riding style”. Desain Fuel Tank dan Air Scoope-nya membuat tampilan pengendara tampak ramping, keren & membuat pengendara tampil percaya diri.

“FUN RIDING PERFORMANCE” (3D Riding Enjoyment) Berbasis mesin langkah panjang menghasilkan akselerasi/tarikan yang ideal.  Dipadukan dengan USD (UpSide Down) suspensi depan dengan langkah kerja 130mm, rangka DELTA BOX & Alumunium Die-Cast Swingarm menjadikan kombinasi yang sempurna dalam merubah arah bodi motor dengan cepat, stabil saat bermanuver (High Rigidity). Dan didukung ban bertapak lebar (depan 110/70, belakang 130/70). Terlihat tampil garang dan lincah menembus padatnya lalu lintas kota dan jalan yang tidak beraspal. Semua keunggulan tersebut diracik oleh Engineer Yamaha untuk Xabre memiliki “Weight Distribution (distribusi berat)” yang paling sempurna di kelasnya. Itu semua menjadikan Xabre istimewa.

”Dengan tawaran baru drifting riding style (X-treme riding fun) yang didukung keunggulan & keunikan teknologi Xabre lainnya, motor baru ini sangat layak menjadi pilihan nomor satu motor sport bagi konsumen muda di Indonesia. Pasar sepeda motor Indonesia benar-benar disegarkan dengan hadirnya Xabre,” ujar Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Lets Go, Riding with New Style ! Akselerasinya pun responsif dengan tenaga dan torsi yang lebih maksimal. Tenaga maksimum Xabre 12.0 kW (16.35 PS) pada 8500 rpm dan torsi maksimumnya 14.30 Nm (1.45 kgf.m) pada 7500 rpm. Xabre punya tiga warna yang gagah yaitu Silver Clarent (silver), Gunmetal Katana (abu-abu), Black Dagger (hitam). Harga on the road Jakarta Rp 29.800.000.

Spesifikasi Xabre

DIMENSI
P X L X T

1959mm X 795mm X 1065mm

JARAK SUMBU RODA

1350mm

JARAK TERENDAH KE TANAH

164mm

TINGGI TEMPAT DUDUK

805mm

BERAT ISI

135 kg

KAPASITAS TANGKI BENSIN

10.2 L

MESIN
TIPE MESIN

4 Langkah berpendingin cairan, SOHC

JUMLAH / POSISI SILINDER

Silinder tunggal / Tegak

DIAMETER X LANGKAH

57,0 x 58,7 mm

PERBANDINGAN KOMPRESI

10,4 : 1

DAYA MAKSIMUM

12.0 kW/8500 rpm

TORSI MAKSIMUM

14.3 Nm/7500 rpm

SISTEM STARTER

Elektrik starter

SISTEM PELUMASAN

Basah

KAPASITAS OLI MESIN

Total = 1,15 L ; Berkala = 0,95 L ; Ganti filter oli = 1,00 L

SISTEM BAHAN BAKAR

Fuel Injection

TIPE KOPLING

Basah, Kopling manual , Multiplat

TIPE TRANSMISI

Constant mesh 6-kecepatan

POLA PENGOPERASIAN TRANSMISI

1-N-2-3-4-5-6

RANGKA
TIPE RANGKA

Diamond

SUSPENSI DEPAN

Teleskopik

SUSPENSI BELAKANG

Swingarm

BAN DEPAN

110/70-17M/C 54S

BAN BELAKANG

130/70-17M/C 62S

REM DEPAN

Single disc brake

REM BELAKANG

Single disc brake

KELISTRIKAN
SISTEM PENGAPIAN

TCI

BATTERY

GTZ4V / YTZ4V

TIPE BUSI

NGK/CR9E

APRILIA GM-helm VND Racing PARD