Penjualan PT. Gajah Tunggal Tbk Naik Di Kuartal Pertama 2016, IRC Dan Zeneos Sumbang 24%

Jajaran Direksi PT. Gajah Tunggal Tbk

SSS Racing

BalapMotor.Net – PT. Gajah Tunggal Tbk selaku produsen ban terkemuka di Indonesia mampu mencatat penjualan bersih Rp.3.439 Miliar di kuartal pertama 2016. Angka ini ternyata lebih tinggi 24% dibandingkan dengan di kuartal pertama 2015 yang mencapai Rp.3.075 Miliar.

Dalam peningkatan tersebut, ternyata ban sepeda motor yang diproduksi oleh PT. Gajah Tunggal Tbk yaitu IRC dan Zeneos mampu menyumbangkan pertumbuhan sebesar 11% diantara ban lainya seperti tipe Radial dan Bias.

Peningkatan yang diraih oleh PT. Gajah Tunggal Tbk di kuartal pertama tahun 2016 ini ternyata mampu menunjukan bahwa perusahaan ini telah bangkit setelah melalui tahun 2015 yang cukup sulit. Hal ini diungkapkan oleh Budhi Satoso Tanasaleh selaku Presiden Direktur dari PT. Gajah Tunggal Tbk.

” Tahun 2015 telah dilalui dengan jatuh bangun di tengah situasi ekonomi yang sulit, namun tahun ini kami lalui dengan lebih baik. Nilai ekspor cukup besar, dan dalam negeri cukup stabil dan di kuartal kedua akan terus membaik.” tutur Budhi Santoso Tanasaleh saat berbicara di acara Buka Bersama dengan media kemarin (16/6) di Restoran Palalada, Jakarta.

Meningkatnya penjualan dari PT. Gajah Tunggal ini juga dipengaruhi akan kualitas dari ban yang diproduksinya. Kualitasnya terbukti di pasar internasional dan pasar di internasional tersebut ternyata yang mampu mendorong peningkatan penjualan.

” Selain itu kami juga terus meningkatkan kualitas melalui pusat riset dan development di Tangerang serta proving ground di Karawang. Untuk masuk pasar ekspor tentunya harus memiliki standar kualitas yang tinggi,” papar Catharina Widjaja, Director of Corporate Communications & Investor Relations Gajah Tunggal Tbk.

Selain menjual produknya ke pasaran, PT. Gajah Tunggal, Tbk juga memproduksi ban untuk OEM (ban standar motor baru ) baik untuk mobil ataupun motor. Untuk motor sendiri, PT. Gajah Tunggal, Tbk menjadi ban OEM dari motor Yamaha, Honda, Suzuki dan juga Kawasaki. Namun ternyata penjualan untuk OEM ternyata masih kecil dibandingkan dengan untuk replacement.

Secara segmentasi pasar semua ban, Gajah Tunggal mencatat di kuartal pertama untuk replacement tercatat 48%, kemudian OEM 9% dan ekspor sebesar 43%. [ luvo ]

GM-helm