MotoGP : Michelin Ingin Segera Tes Ban, Beberapa Pembalap Tidak Bisa Ikutan

GM-helm

BalapMotor.Net – Sudah hampir pasti bahwa pabrikan ban Michelin yang bakalan jadi pengganti ban tunggal MotoGP setelah ditinggalkan Bridgestone pada 2016 nanti. Saking pastinya, kini Michelin sudah gatal pengin memproduksi segera karet bundar untuk digunakan di balapan MotoGP 2016. Dan Michelin sudah mengungkapkan bahwa bakalan memproduksi ban tersebut pada akhir bulan Juli ini.

Di Catalunya pihak Michelin sudah mengadakan pertemuan dengan para wakil-wakil dari produsen yang turun di MotoGP. Diwakili oleh Nicholas Goubert selaku direktur teknis Michein tentu saja mereka membicarakan tentang ban yang akan dibuat Michelin.

Dan betul sekali, Shuhei Nakamoto selaku wakil presiden dari Honda Racing Corporation ( HRC ) mengatakan kepada Speedweek perihal tersebut.

” Kami menerima informasi yang akurat tentang bentuk ban dalam beberapa hari mendatang. Michelin mengatakan kepada kita bahwa kita bisa mulai menguji untuk Juli, tapi kita harus urutan pertama. Dan yang akan di coba pertama yaitu untuk  roda 17-inch. ” Ungkap Shuhei Nakamoto.

Rossi Saat Yamaha MAsih Dengan Michelin

Perlu diketahui, profil ban 17 inch tidak jauh berbeda dengan ban 16,5 inch yang digunakan Bridgestone sekarang, kecuali jika Michelin membuat ban dengan profil yang lebih segitiga alias lancip dan tinggi profilya.

Namun nampaknya tes yang bakalan diusahakan pada bulan Juli nanti kemungkinan tidak bisa diikuti oleh beberapa rider, malahan rider-rider papan atas juga. Hal tersebut dikarenakan banyak tim yang masih terikat kontrak dengan Bridgestone, contohnya seperti Repsol Honda, LCR Honda, dan Gresini Honda. Ditambah lagi Valentino Rossi juga bakalan tidak ikutan karena dia merupakan duta media dari pabrikan ban asal Jepang Bridgestone. RR

SSS Racing