MotoGP 2014 : Honda Akhirnya Setuju Aturan ECU Tunggal

GM-helm

BalapMotor.Net – Setelah beberapa kali menentang aturan baru tentang pemberlakuan ECU tunggal pada kelas MotoGP di 2016 nanti, kini sebelum FP2 MotoGP Qatar dimulai (21/3) pabrikan sayap mengepak Honda akhirnya menyetujui peraturan yang akan mulai dijalankan 2016 itu. Dulu Honda mengancam akan mengundurkan diri dari kejuaraan MotoGP jika peraturan itu benar-benar diberlakukan.

Melalui Livio Suppo kubu Repsol Honda menjelaskan kepada situs resmi MotoGP tentang persetujuan Honda dengan peraturan baru tersebut. Suppo mengatakan bahwa Honda sebelumnya kurang penjelasan tentang apa itu ECU tunggal, Honda mengira bahwa jika menggunakan ECU tunggal maka harus memakai ECU tersebut tanpa mengutak-atik. Padahal dalam peraturan tersebut dijelaskan bahwa peserta dapat mengembangkan ECU tersebut.

Untuk saat ini ECU standar dari Magneti Marelli hanya wajib digunakan untuk kelas Open saja,dan untuk 2016 wajib untuk semua peserta kelas MotoGP. Hal ini dibuat agar balapan MotoGP semakin adil dan balapan akan menjadi lebih ramai lagi, itu sih harapan dari Dorna dan FIM. Menurut para balapmotor.net mania gimana nih, setuju juga atau bagaimana kepriben.

Penulis : Didit  | Foto : Crash

SSS Racing