MotoGP 2014 : Bardl, Smith Dan Iannone Akan Jajal Ubahan Tikungan Paling Berbahaya Musim Ini

GM-helm

BalapMotor.Net – Jelang MotoGP seri 9 yang akan berlangsung di sirkuit Sachsenring, Jerman akhir pekan ini ( 13/7 ), kini semua tertuju kepada faktor safety di sirkuit terkecil di ajang MotoGP musim ini. Di Sirkuit kebanggaan warga Jerman ini ada sebuah tikungan yang dianggap merupakan tikungan paling berbahaya di musim ini.

Tikungan ke-11 yang merupakan tikungan kekanan yang sangat cepat karena disitu bisa dipacu dengan gigi-4 dan bisa digeber oleh para pembalap MotoGP sampai 130 mph atau setara dengan kecepatan 209 kmh. Bukan karena kecepatan saja yang membuat bahaya sebenarnya, karena tikungan tersebut posisinya dilanjutkan dengan turunan tajam itu yang membuat berbahaya, jika slide di tkungan tersebut bakalan parah.

Tikungan PAling Berbahaya di MotoGP

Masih ingat kan di musim lalu, Jorge Lorenzo dibuat terbang dan harus absen beberapa seri karena terjatuh disini, lalu ada juga Andrea Doviziozo yang juga jatuh parah. Mengenai hal ini maka Loris Capirosi dari komisi keselamatan MotoGP yang juga mantan pembalap MotoGP ini melakukan beberapa pengecekan dengan BMW S 1000 RR disirkuit ini pada bulan maret lalu. Dia sebenarnya meminta untuk mengubah beberapa sudut dari tikungan ini dan juga tikungan sebelumnya ( 10 ), namun untuk mengubah banyak tidak mungkin cukup waktunya, jadi hanya sedikit sekali modifnya. Hanya ada beberapa penambahan Kerb agar bisa lebih sedikit safety di tikungan tersebut.

Karena hal ini maka komisi keselamatan meminta agar setiap pabrikan mengirimkan satu pembalapnya untuk mencoba tikungan tersebut. Stefan Bradl dari Honda LCR, Bradley Smith dari Monster Yamaha Tech 3, lalu ada Andrea Iannone dari Pramac Ducati mereka bertiga adalah pembalap yang diberi kesempatan untuk melakukan sesi tes khusus untuk mencoba tikungan tersebut, dan juga untuk memberikan masukan tentang perubahan pada tikungan berbahaya tersebut.

Capirossi Ubah Demi Keamanan

Mike Webb selaku Race Director dari MotoGP Jerman mengatakan kepada MCN : ” Loris Capirosi dan Franco Uncini telah memberikan masukan tentang solusi terhadap tikungan tersebut dan di setujui semua anggota yang duduk di komisi keamanan MotoGP dan menganggap bahwa diatas kertas baik-baik saja. Namun keputusan akhir akan diambil sebelum babak latihan GP tahun ini. “

Jadi besok pada hari Kamis, mereka bertiga sudah akan melakukan latihan beberapa lap tentunya untuk mengevaluasi tikungan tersebut. Itu berarti sebelum dilakukan latihan bebas yang dimulai pada hari Jumat, dan semoga saja sirkuit Sachsenring yang merupakan sirkuit terpendek dengan tikungan rapat ini bisa aman digunakan. RR

 

SSS Racing