Astra Motor Bangun Kampung Safety Riding Pertama Di Indonesia

GM-helm

BalapMotor.Net – Untuk terus mengampanyekan keselamatan berkendara, tahun ini, Main Dealer sepeda motor Honda terbesar di Indonesia, Astra Motor, mendirikan Kampung Safety Honda (KSH). “Kampung Safety Honda ini merupakan salah satu program Astra Motor dalam mendukung kampanye ‘Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas’ yang sudah dicanangkan PT Astra International Tbk beberapa waktu lalu. Program ini merupakan wujud komitmen Astra Motor untuk terus mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara dengan peran serta aktif masyarakat,” ungkap Chief Executive Astra Motor, Sigit Kumala.

Setidaknya 45 kampung akan didukung oleh Main Dealer Astra Motor untuk menjadi Kampung Safety Honda di tahun 2015 ini. Kampung safety riding pertama adalah Kelurahan Pandean Lamper yang terletak di Kecamatan Gayamsari, kota Semarang, Jawa Tengah.

Peletakan batu pertama posko safety - Kampung Safety Honda
Peletakan batu pertama posko safety – Kampung Safety Honda

“Sebagai pelaku industri otomotif, kami ikut bertanggung jawab akan pentingnya aman berkendara.  Dan kami sadar untuk mengkampanyekan budaya aman berkendara tidak bisa kami lakukan sendiri. Perlu peran serta aktif masyarakat. Karena itu, kami sangat senang dan menyambut baik saat masyarakat Kelurahan Pandean Lamper punya inisiatif dan semangat untuk membudayakan aman berkendara di wilayahnya,” cerita Sigit.

Sejak 2014 sudah berbagai kegiatan untuk membudayakan aman berkendara dilakukan di kampung tersebut. Mulai dari edukasi warga mengenai aman berkendara, merangkul tokoh masyarakat sebagai brand ambassador, hingga pemasangan rambu keselamatan berkendara sebagai pengingat warga untuk selalu mematuhi aturan berkendara. Seperti ‘Gunakan Helm’, ‘Batas Kecepatan 20km’, ‘Motor Dikendarai Maksimal 2 Orang’, dan masih banyak lagi.

“Banyak manfaat yang kami rasakan semenjak kampung kami ini didukung oleh Astra Motor menjadi Kampung Safety Honda. Warga kampung kami jadi lebih sadar akan pentingnya keselamatan berkendara. Contoh paling sederhana, kami makin sadar pentingnya menggunakan helm saat berkendara. Kami bangga bisa menjadi kampung safety riding pertama di Indonesia,” ujar Lukman Muhacir, warga Pandean Lamper yang menjadi penggerak program ini, sembari tersenyum.

Warga Kampung Safety Honda
Warga Kampung Safety Honda

“Akan masih banyak kegiatan pembinaan safety riding yang akan kami lakukan di Kelurahan Pandean Lamper dan kampung-kampung lainnya. Sebab kami percaya edukasi mengenai keselamatan berkendara memang sebaiknya dimulai dari satuan warga terkecil,” ungkap Kepala Wilayah Main Dealer Astra Motor Region Semarang, Darmawan Tjondrodihardjo.

Main Dealer Astra Motor berharap Kampung Safety Honda ini dapat menjadi kampung percontohan bagi kampung-kampung lain di tanah air sehingga masyarakat semakin sadar pentingnya berkendara dengan aman.

“Pada prinsipnya, di mana pun Astra Motor berada, harus memberikan manfaat bagi masyarakat. Sudah sejak lama Astra Motor aktif membudayakan kesalamatan berkendara melalui berbagai kegiatan. Semoga program terbaru kami ini, Kampung Safety Honda, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya berkendara sesuai aturan yang benar,” tutup Sigit.

SSS Racing