Asia Road Racing Championship 2014 : AHM Kirimkan 4 Pembalapnya Untuk Musim 2014

GM-helm

BalapMotor.Net – Untuk mengawali pembinaan balap motor berjenjang di tingkat internasional tahun ini. PT Astra Honda Motor (AHM)  mengikutsertakan 4 pebalap binaannya dalam ajang Asia Road Racing Championship (ARRC). Dalam ajang ini, mereka bertanding di kelas Supersport 600cc dan Asia Dream Cup (ADC).‎ Dan itu terlihat pada seri pertama ARRC di Sepang Malaysia Kahir pekan lalu ( 18-20 April ).

Pembinaan pebalap muda secara berjenjang dan terstruktur terus dilakukan AHM secara konsisten. Dalam ajang ‎ARRC yang merupakan jenjang tertinggi balap motor di Asia, untuk pertama kalinya AHM menurunkan pembalap Indonesia di kelas supersport 600cc, yaitu Denny Triyugo (25 tahun, Probolinggo)  dan Dimas Ekky Pratama (21 tahun, Jakarta) dari tim Astra Honda Racing Team (AHRT) Sementara itu, di kelas ADC keikutsertaan AHM yang telah memasuki tahun ketiga ini menurunkan Andi Gilang (16 tahun, Makassar) dan Aditya Pangestu (19 tahun, Subang).

Keempat pebalap Honda Indonesia ini bertarung dengan pebalap dari berbagai negara Asia dalam 6 seri ARRC, yaitu di Sepang, Malaysia (18-20 April), Sentul, Indonesia (13-15 Juni), Autopolis, Jepang (15-17 Agustus), Suzuka, Jepang (5-7 September), Buriram, Thailand (5-7 September), dan Losail, Qatar (11-13 Desember).

General Manager Marketing Planning and Analysis Division AHM A. Indraputra mengatakan secara konsisten perusahaan terus mendukung pembinaan balap berjenjang serta penajaman pengalaman para pebalap muda di berbagai ajang balap. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari upaya AHM untuk menciptakan pebalap Indonesia yang tangguh dan mampu berprestasi di ajang balap yang lebih tinggi.

“Kami berharap para pebalap binaan AHM yang bertarung di ARRC bersama pebalap negara Asia lainnya dapat semakin menajamkan kemampuan balap mereka sehingga ke depan dapat mencetak prestasi-prestasi balap yang mengharumkan nama  Indonesia di tingkat internasional.” Ungkap A. Indraputra kepada media.

Keeempat pebalap Honda Indonesia dalam ARRC 2014 ini merupakan pembalap-pembalap handal yang sebelumnya pernah berprestasi di berbagai ajang balap nasional maupun internasional. Tahun lalu, Dimas Ekky Pratama bersama pebalap Iswandi Muis mampu mengibarkan Merah Putih setelah menduduki podium pertama di ajang bergengsi Suzuka 4 Hours FIM Endurance World Championship 2013 di Suzuka Circuit, Jepang. Sedangkan pebalap lainnya, Denny Triyugo sempat berlaga dalam All Japan Championship 2013 di kelas Moto3. Dan yang terakhir Dimas Ekky mampu finish ke-11 saat mengikuti balapan kelas Moto2 di CEV Spanyol awal bulan ini.

Aditya Panbgestu Podium 3 di kelas ADC
Aditya Panbgestu Podium 3 di kelas ADC

Sementara itu, Andi gilang dan Aditya Pangestu merupakan pebalap muda berbakat yang mampu menunjukkan konsistensi prestasinya di ajang balap nasional. Andi Gilang merupakan peraih podium tertinggi dalam One Make Race 150cc Indospeed Race Series (IRS). Di ajang lainnya, Aditya Pangestu mampu membuktikan prestasinya dengan meraih podium tertinggi pada Honda Racing Championship (HRC) kelas MP3 dan MP4. Prestasi ini membawa kedua pebalap binaan AHM berkesempatan meraih prestasi lebih tinggi di ajang internasional melalui ADC 2014.

Pada seriperdana ADC 2014 di Sepang, Malaysia (20/4), Aditya Pangestu dan Andi Gilang berhasil masuk peringkat 6 besarhasil klasemen sementara. Aditya Pangestu meraih posisi ke-4 dan Andi Gilang berada di posisi 6. Bahkan pada race 1, Aditya Pangestu berhasil naik podium dengan meraih posisi ketiga. Kedua pebalap Honda ini akan terus bertarung menuntaskan total 6 seri dan diharapkan dapat meneruskan kesuksesan pebalap Indonesia Gerry Salim yang tahun lalu meraih runner up pada puncak balap ADC 2013.

“Kami tak akan berhenti mendukung para pebalap muda Indonesia untuk meraih mimpi berprestasi di ajang balap internasional. Pembinaan balap berjenjang yang kami susun diharapkan mampu mewujudkan mimpi-mimpi tersebut dengan semangat Satu Hati.” Tambah A.Indraputra.

Buat hasil di Sepang memang sih belum menonjol sekali, namun kita harapkan pada seri-seri berikutnya ke-4 pembalap ini bisa tampil menohok. RR

SSS Racing