Dimas Juliatmoko : From Berau To Asia!!!

Dimas Juliatmoko

BalapMotor.Net – Bagi pecinta balap nasional, nama Dimas Juliatmoko. Saat ini, Dimas JM merupakan pimpinan klasemen sementara Novice Oneprix bersama pasukan Merak Raja Dancer. Selain itu, pembalap asal Berau, Kaltim ini juga menjadi jagoan pasukan LFN HP969 di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) kelas UB150.

Dimas yang lahir pada 13 Juli 2002 (20 Tahun) ini memulai karir balapnya sejak tahun 2014. Dimas mulai balapan resmi pada ajang kejurdaan di tempat asalnya yaitu Kabupaten Berau, Kaltim. Sebelumnya, Dimas ternyata lebih sering ikutan balap liar.

LENKA MiniGP SSS Racing

Awal balap sendiri, ternyata Dimas sendiri diam-diam dan tanpa sepengetahuan orang tuanya. Namun seiring berjalannya waktu, putra dari pasangan Sumarjo dan Tukiyem yang asli Gunung Kidul, DIY mendapatkan support dari keluarganya.

Dimas bersama kru Cyclur Extrem Engine Jogja | Foto : Garassi
Merantau Ke Jawa

Pada tahun 2016, Dimas mencoba peruntukan balap di Jawa. Dimas sendiri merantau ke Jogja, tepatnya di markas Cyclur Extrem Engine yang berada di Berbah, Sleman. “Pada 2016 saya kabur dari rumah dan pergi ke Jogja. Saya ikut mas Kluron Cyclur yang juga didik Aldi dan Galang juga mas,” cerita Dimas.

Dimas JM sendiri mengenal Kluron dari Cyclur Extrem Engine setelah sang mekanik tersebut pernah didatangkan orang tua Dimas untuk memegang pacuan Dimas saat balap di Berau. Bersama Cyclur, Dimas mengikut berbagai event balap di pulau Jawa, baik itu Kejurdaan maupun sesekali Kejurnas.

Kejutan Tim Pendatang Baru Cecile Racing Team di Yamaha Cup Race (YCR) 2017 Kediri
Aksi Dimas Juliatmoko
Juara Region di 2017 dan 2018

Akhirnya, pada tahun 2017 Dimas Juliatmoko dilirik oleh tim asal Palangkaraya, Kalten yaitu Dits Racing untuk balap di Motoprix Kalimantan. Dimas sendiri berhasil meraih gelar juara region kelas MP5 bersama Dits Racing pada tahun 2017.

Pada 2018, Dimas kembali ke pulau Jawa dan bergabung bersama pasukan Bromo Jaya Mix (BJM). Bersama BJM Dimas juga mampu tampil impresif dan berhasil meraih gelar juara region kelas MP6 Motoprix Jawa musim 2018.

Selebrasi juara region Dimas JM bersama kru timnya di BJM tahun 2018
Balap Asia di 2022

‘Setelah sempat tak terdengar namanya di balap nasional, pada 2021 Dimas Juliatmoko ditarik oleh tim asal Samarinda yaitu Merak Raja Dancer. Bersama tim ini, Dimas tarung di ajang Oneprix dan berhasil meraih posisi ketiga di akhir musim. Dimas juga mampu meraih gelar juara umum Piala Presiden. Dimas berhasil mendapatkan tiket balap asia bersama tim LFN HP969.

“Harapan saya kedepannya ingin sukses di karir balap saya dan terus meraih hasil yang lebih baik lagi agar bisa membanggakan orang tua saya,” ungkap Dimas Juliatmoko.

Dimas Juliatmoko dan Fajar sang owner tim Merak Raja Dancer saat juara Piala Presiden

Mengenai ajang Oneprix dimana saat ini Dimas memimpin klasemen Novice, Dimas akan berusaha untuk dapat mengunci poin klasemen. “Saya akan belajar lebih baik lagi biar bisa ngunci poin di race berikutnya,” tambah Dimas Juliatmoko. Dimas Juliatmoko, From Berau To Asia!!

Dimas Juliatmoko (202) saat testing ARRC 2022 | Foto : ARRC

APRILIA GM-helm VND Racing PARD