Tim ART Jogjakarta Tes Motor Sekaligus Adaptasi Duo Pembalap Barunya di Road Race Kebumen

Tim ART Jogjakarta Tes Motor Sekaligus Adaptasi Duo Pembalap Barunya di Road Race Kebumen
Sigit PD saat beraksi di Road Race Kebumen

BalapMotor.Net – Ada yang istimewa nih bro dalam gelaran Road Race di Alun-alun Kebumen akhir pekan kemarin (12/3). Selain diserbu banyak pembalap dari Jateng, Jabar dan Jatim, hadir pula salah satu tim balap senior Indonesia Astra Motor Racing Team (ART) Jogjakarta. Selain Wawan Hermawan selaku pembalap yang sudah lama bergabung, Sigit PD dan Herjun AF yang merupakan pembalap baru di tim ini juga turut gaspol.

Tentu bukan sekedar numpang eksis alias nampang dengan ikut serta dalam event selevel kejurda. Disitulah pertanyaan menariknya, kenapa tim sekelas Pabrikan Astra Honda Motor (AHM) ikut tarung dalam event kejurdaan.

Slamet Suroto selaku manajer tim ART Yogyakarta

“Tujuan utama selain tes dari hasil riset motor juga kita ingin melihat seberapa cepat adaptasi dari pembalap baru (Sigit dan Herjun). Karakter motor yang berbeda terkhusus MP1 dan MP5 tentu membutuhkan banyak jam terbang dan uji coba.” Tutur Slamet Suroto, Manager tim yang turut mengawal di Kebumen kemarin.

SSS Racing

Jadi kalau sekedar setting dan latihan memang beberapa kali sudah dilakukan di Maguwoharjo, Sleman. “Kalau latihan biasa kan belum bisa dijadikan patokan, dengan ikut event kan banyak data yang bisa jadi masukan.” Tambah Pak Totok, panggilan akrab dari manager ART Pusat dan Jogjakarta ini.

Tim ART Jogjakarta Tes Motor Sekaligus Adaptasi Duo Pembalap Barunya di Road Race Kebumen
Aksi Herjun AF di road race Kebumen

Sekilas info saja, Sigit PD merupakan pembalap baru yang akan coba diduetkan dengan Wawan Hermawan di kelas MP1 dan MP2. Sedangkan Herjun AF akan bertarung di kelas Pemula B, MP5 dan MP6. Itu untuk level Kejurnas Motoprix ya, kalau Honda Dream Cup (HDC) nanti urutan kelasnya akan berbeda lagi. Selain tiga pembalap di atas, ada pula dua pembalap wanita yang ikut bergabung. Silviana dan Diana Cl akan main di HDC kelas Matic yang tentunya akan bertarung dengan laki-laki dan juga di Motoprix kalau memang ada kelas khusus wanitanya.

Oh ya bro, mengenai pembalap dari racing school yang rencana akan bergantian untuk menemani Herjun AF di kelas pemula Motoprix juga mulai dipantau. Hal itu juga dibenarkan Wawan Hermawan, pemilik sekolah balap WH-19 Racing School.

Tim ART Jogjakarta Tes Motor Sekaligus Adaptasi Duo Pembalap Barunya di Road Race Kebumen
Aksi Wawan Hermawan

“Selain saya ikut tes motor bersama ART, saya juga mengikut sertakan beberapa siswa saya untuk ikutan balap di sini. Untuk motor yang digunakan masih dengan motor yang sama untuk latihan, jadi belum menggunakan motor dari ART.” Singkat Wawan Hermawan saat mengarahkan anak didiknya langsung dari pinggir lintasan.

Mengenai hasil balap, memang bukan sebuah prioritas dan tujuan yang sebenarnya. Terpenting adalah eveluasi kedepan nya untuk event yang sesungguhnya. “khusus Herjun memang dari awal kita rencanakan ikut Wawan di Ciamis. Selain menambah skill balapnya, juga attitude yang baik sesuai dengan khas pembalap ART maupun AHRT nantinya.” Ujar Pak Totok pada penulis saat berbincang secara langsung di paddock nya.

Ok deh, cukup sekian ya.., sebenarnya masih banyak lagi hasil bincang-bincang kemarin. Tapi takut kepanjangangan. Hehe | YG

GM-helm PARD