Terobosan Baru Nih, Corong Udara di MX King Yamaha Aditama

Air Scoop pada Yamaha MX King Aditama
Yamaha

BalapMotor.Net – Pada putaran kedua Kejurnas Oneprix 2019 yang berlangsung di sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya (3-4/8), ada penampakan aneh pada Yamaha MX-King dari tim Yamaha Aditama Berau.

Pada motor tunggangan Reynaldi Pradana ini dipasangi corong udara atau air scoop yang diletakan pada bodi depan. Air scoop tersebut disalurkan melalui pipa elastic menuju filter udara. Ini merupakan hal baru pada motor balap road race tanah air.

Ternyata nih, terobosan ini diprakarsai oleh Kuro San yang kini ikut mengawal tim Yamaha Aditama Berau. Mekanik Yamaha Racing Indonesia ini menerapkan untuk pertama kalinya pada motor bebek dan kemarin (1/8) saat dicoba oleh Reynaldi Pradana ternyata hasilnya memuaskan.

Air scoop diarahkan ke filter udara

“Jadi saya coba-coba aja pasang air scoop ini. Tujuannya sendiri adalah untuk memberikan tekanan yang lebih kepada injector. Ini karena pada system bahan bakar injeksi membutuhkan tekanan vakum, berbeda dengan karbu yang ada sedotan dari dalam ruang bakar,” ujar Kuro San yang aslinya dari Jakarta.

Karena hasilnya cukup baik waktu dicoba oleh Reynaldi Pradana, beberapa motor lain yang digarap oleh GDT Racing Jogja ternyata juga langsung menerapkan air scoop tersebut. Apakah ini akan menjadi trend untuk balap road race di Indonesia? Kita tunggu saja gaes.| Luvo

Kuro San
GM-helm SSS Racing