Suzuki Indonesia Challenge ( SIC ) Yogyakarta : Penuh Kejutan Di Kota Pelajar

BalapMotor.Net – Selain terkenal sebagai Kota Pelajar, rupanya secara mengejutkan Yogyakarta juga layak untuk disebut Kota Pembalap Muda. Di dalam gelaran pencarian pembalap muda bernyali Suzuki Indonesia Challenge ( SIC ) season 2 yang diselenggarakan di Sirkuit Stadion Sultan Agung Bantul, D.I. Yogyakarta pada 20 September 2015 juga memberikan banyak kejutan lainnya.

Antusiasme  dari para pelajar Yogyakarta yang tidak hanya berprestasi di bidang akademik formal turut ambil bagian untuk menunjukan bakatnya di bidang balap dengan ikutan  ajang Suzuki Indonesia Challenge season 2 Yogyakarta. Seluruh peserta memiliki skill balap yang tidak bisa dipandang sebelah mata meski usia dan jam terbangnya masih tergolong pemula. Keberanian pembalap muda Yogyakarta menaklukan lintasan high-speed dengan menggunakan Suzuki Satria FU150 dan Suzuki Satria F115 Young Star patut diacungi jempol.

Salah satu kejutan lagi yang terungkap yaitu hampir seluruh juara Suzuki Indonesia Challenge season 2 Yogyakarta baik kelas Satria Cup maupun Young Star Cup memiliki latar belakang sebagai pembalap lintasan tanah atau yang biasa dikenal dengan pembalap Motocross. Perbedaan karakter lintasan dan kondisi persaingan balap antara motocross dengan roadrace bukan menjadi rintangan bagi para juara, justru stamina mereka lebih kuat dan lebih fokus dalam melibas setiap tikungan sirkuit yang memilki panjang total 1,3 km ini.

3 wakil yogya kelas satrtia cup
3 wakil yogya kelas satrtia cup
SSS Racing

Sang juara 1 kelas Satria Cup, Gozi Fahrezi memberikan kejutan bagi senior-seniornya di dunia balap. Meski usianya baru menginjak 15 tahun, Gozi terlihat lebih menguasai karakter Suzuki Satria FU150 yang kencang dibandingkan lawan-lawannya seperti M. Lutfi dan Fajar Ardiansyah yang dari segi umur jauh lebih senior yaitu 20 tahun. Perebutan posisi dan tekanan dari para senior di saat race 1 dan 2 tak menyurutkan langkah Gozi untuk melakukan manuver yang lebih bernyali.

“Senang bisa meraih double winner pada SIC Season 2 di Yogya ini. Strategi intinya main aman, tetap konsen, dan jaga racing line. Untuk persiapan final race di Sentul nanti, saya coba latihan fisik sama latihan mental secara rutin” tutur Gozi yang jadi juara 1 di SIC season 2 Yogyakarta akhir pekan lalu ini.

Sementara itu di kelas Young Star Cup, Aditya Dana yang menjadi juara 1 tampil sangat konsisten dengan menjadi juara pertama di race 1 dan 2. Pembalap belia yang masih berusia 12 tahun dan lebih dikenal dengan panggilan Aditya Keri-keri ini sangat menikmati performa Suzuki Satria F115 Young Star, dengan proses adaptasi yang cepat dirinya mampu mempertahankan posisi terdepan dan seolah tak mau memberikan kesempatan bagi pembalap lain.

Aditya ( kanan ) dan Hildan jawara di kelas Young Star
Aditya ( kanan ) dan Hildan jawara di kelas Young Star

Meningkatnya popularitas Suzuki Indonesia Challenge season 2 tidak hanya berdampak pada banyaknya jumlah pembalap yang ingin mengambil bagian dalam pertandingan maupun semakin ramainya jumlah pengunjung acara, namun juga berhasil menjadi perhatian pihak sponsor seperti IRC tire, Denso, NS Battery, Showa dan WRX dalam mengembangkan produknya. Seperti kejutan yang dihadirkan IRC Tire bagi warga Yogyakarta dan seluruh pecinta sepeda motor di Tanah Air dengan mengumumkan kehadiran produk IRC Fasti 2 untuk pertama kalinya digunakan di seluruh motor Suzuki yang digunakan pada Suzuki Indonesia Challenge season 2 Yogyakarta. Karakter tapak ban IRC Fasti 2 yang lebih lebar sangat mendukung rasa percaya diri pembalap saat menikung di Sirkuit Stadion Sultan Agung Bantul dengan kecepatan yang tinggi. Maju terus balap motor Indonesia. [ rls ]

GM-helm PARD