Seputar Vespa Balap Indonesia (VBI) 2016

BalapMotor.Net – Kembali, ajang balap motor Vespa akan dimulai. Pada tahun 2016 ini ada sedikit perbedaan di bulan April. Vespa Balap Indonesia (VBI) selaku penyelenggara diminta bekerja sama dengan pihak penyelenggara event IIMS. Jadinya seri VBI di bulan April akan digelar bersamaan dengan IIMS di Kemayoran.

“ Tadinya kita sudah menentukan tanggal. Tapi karena VBI diminta membuat balapan Vespa di Event IIMS bulan april jadinya berubah,” ujar Putu Nugroho selaku ketua VBI saat dihubungi Balapmotor.net.

Jadwal yang sebelumnya sudah ditentukan, akan sedikit lebih cepat dari susunan jadwal sebelumnya. Pada rancangan awal Event balapan ini akan digelar pada bulan Maret di Sentul. Namun karena adanya kerja sama, Event akan lebih cepat sekaligus akan pindah lokasi pada satu putaran. Acara kerja sama ini hanya membuat jadwal balapan menjadi lebih awal pada akhir Febuari dan pada bulan April akan diselenggarakan di Kemayoran . Ini tidak membuat regulasi berubah seperti tahun sebelumnya, meski ada beberapa tambahan untuk event tahun ini.

SSS Racing

“ Masalah regulasi sama ga ada perbedaan dari tahun tahun sebelmnya. Kalau ada perubahan paling sector safety aja seperti sokbreker dll. Sudah kita godok regulasi yang baru dengan beberapa team. Jadi nanti tinggal penyempurnaan sedikit sedikit pada acara getring,” ujar Putu Nugroho.

Pada permasalahan regulasi ini akan ada persyaratan khusus di satu kelas. Selain itu, aka nada perijinan peserta menggunakan alat untuk membantu daya tahan mesin balapnya. Tidak lupa, Putu Nugroho selaku ketua tetap memegang janjinya sebelumnya akan ada dua kelas favorit yang akan bermain point hingga akhir seri. Para juara di dua kelas ini sesuai point, akan mendapat hadiah special pada akhir seri.

“  Tetap berjalan kelas Grandprix Tune Up 2t dan Tune Up 220 4T. Masalah regulasi tidak banyak berubah, diperbolehkan memakai sok breker tabung ( Khusus kelas GP). Kalau tidak salah sekarang juga sudah diperbolehkan menggunakan system pendingin mesin seperti oli coller dan sejenisnya,” tutup sang ketua. [ dewa ]

Jadwal sebelumnya :

Jadwal balap sentul (tentatif th 2016), berdasarkan surat dari VBI
1. 5/6 Maret
2. 28/29 Mei
3. 3/4 September
4. 3/4 Desember

Usulan Jadwal balap sentul (tentatif th 2016), kalau jadi main di kemayoran bulan April 2016.
1. Febuari 27-28
2. April ikut jadwal IIMS 10 April
3. Agustus  6 & 7 Aguatus
4. Oktober tgl 29-30
5. Desember tgl 3-4

GM-helm PARD