Selain lintasan, Ini Yang Spesial Dari Sirkuit Manggul Lahat Sumatera Selatan

Yamaha

BalapMotor.Net – Selain desain serta kualitas dari sirkuit Manggul yang istimewa, ada banyak hal spesial lagi dari sirkuit ini. Perlu diketahui bahwa sirkuit yang terletak di Lahat Sumatera Selatan ini mempunyai layout yang menantang. Sirkuit ini juga mempunyai lebar dan panjang lintasan yang berstandar nasional.

Lebar aspal lintasan dari trek ini adalah 8-16 meter, sementara itu panjangnya adalah 1.616 meter. Trek lurusnya sendiri mempunyai panjang 400an meter dan yang paling istimewa adalah aspal dari sirkuit ini yang cukup mulus dan tidak ada bumpy.

Ambulance dan tim medis siaga

Nah, keistimewaan lain dari sirkuit ini selain lintasan adalah letaknya yang masih di kawasan kota Lahat Sumatera Selatan, sirkuit ini juga terletak hanya 150 meter saja dari Hotel Grand Zuri Lahat. Sangat jarang tentunya ada sirkuit permanen di daerah yang mempunyai jarak sedekat itu dengan hotel.

Sirkuit ini juga merupakan sirkuit green dimana masih banyak pepohonan di pinggir lintasan. Tidak hanya itu saja, di pinggir lintasan juga terdapat danau dan ada kandang rusa milik pribadi pemilik sirkuit yaitu Aswari Rivai yang juga merupakan bupati Kabupaten Lahat.

Paddock

Membahas fasilitas dari sirkuit, saat penulis datang melihat langsung akhir pekan ini tepatnya pada saat gelaran seri 1 Aswari Cup Prix 2017, penulis menganggap bahwa fasilitas di sirkuit ini cukup modern dan nyentrik.

Beberapa fasilitas di sirkuit ini tidak dibagun dengan tembok, melainkan dengan memanfaatkan box kontainer yang dimodif menjadi gedung pemantau, paddock, toilet serta ruang timing system. Meskipun memanfaatkan bekas box kontainer, namun isi dari ruangan tersebut dibuat berkelas internasional. Lihat saja toilet di paddock yang keren abis. Ini tentu karena Aswari Rivai tidak mau setengah-setengah dalam membangun sirkuit.

Ruang timing

“Bapak memang tidak tanggung-tanggung dalam membangun sirkuit. Saat ini kita juga masih akan terus melakukan pembenahan karena sirkuit ini sekarang masih 80%. ” ujar Indra Zafella selaku direktur dari sirkuit Manggul ini.

Ada tempat istirahat seperti di objek wisata

SSS Racing GM-helm