Road Race Boyolali, MP5 Jadi Kelas Kejurnas Satu-Satunya, Banyak Diikuti Motor Mesin Tiduran

BalapMotor.Net – Di gelaran AHRS IRC Indonesia Road Race Championship (AIIRRC) 2016 yang berlangsung akhir pekan lalu (9/4) di Boyolali, hanya ada 1 kelas kejurnas saja yang dipentas.Kelas tersebut adalah kelas bebek standar 150cc pemula dibawah 16 tahun atau (MP5).

Uniknya disini kelas MP5 merupakan kelas baru yang baru di 2016 ini akan diberlakukan di Kejurnas Motoprix.Sebelumnya kelas MP5 kapasitas mesinya hanya sampai 125cc saja, nah baru di 2016 ini dinaikan dengan mengikuti tren motor bebek 150cc yang sedang berkembang di Indonesia.

Drs. Lilik Kusnandar (paling kiri)
Drs. Lilik Kusnandar (paling kiri)
LENKA MiniGP SSS Racing

” Alasan kenapa kita tidak membuka kelas kejurnas di balapan ini tentu karena alasan jumlah peserta. Misalnya jika kelas pemula mengikuti kelas Motoprix yang umurnya dibatasi maksimal 20 tahun, di balapan lokalan Jawa Tengah seperti ini akan sepi pesertanya, maka kita tidak mengikuti peraturan MP dan hanya kelas MP5 saja yang kita buka sesuai regulasi. Alasanya tentu untuk regenerasi pembalap di daerah Jawa Tengah. ” tutur Drs Lilik Kusnandar Kabid Olahraga roda dua pengprov IMI Jawa Tengah yang hadir di gelaran yang berlangsung di trek Alun-alun Boyolali ini.

Ternyata di kelas MP5 yang digelar di balapan kemarin langsung diminati oleh para peserta. Buktinya mampu menyedot belasan dibocah dibawah 16 tahun.Namun masih banyak juga peserta yang menggunakan mesin spek MP5 lama (125cc) untuk turun melawan motor 150cc bermesin tegak disini.

Road Race Boyolali, MP5 Jadi Kelas Kejurnas Satu-Satunya, Banyak Diikuti Motor Mesin Tiduran
Road Race Boyolali, MP5 Jadi Kelas Kejurnas Satu-Satunya, Banyak Diikuti Motor Mesin Tiduran

Memang secara spek para pengguna motor MP5 spek lama dengan mesin tiduran pasti bakalan kalah, namun ternyata tidak juga, buktinya Ilzam FR dari tim Shakespare 45 Daytona Aldan Speed mampu naik podium ke-3 dibawah Gozio dari DDRT M Tech Racing pengguna Honda Sonic yang juara 1 dan M Hildan dari tim D45 APK Putra Bungsu 28 PB WRC yang menjadi runner up dengan Honda sonic juga.

” Berat banget lawan motor mesin tegak mas, apalagi motorku murni mesin MP6 yang cuma 110cc. Namun saya bersyukur bisa naik podium ketiga. ” tutur Ilzam FR yang asli Lamongan Jawa Timur ini.

Perlu ditambahkan di balapan kali ini tidak ada pembalap yang turun dengan motor Yamaha Jupiter MX-King, dan Suzuki Satria Injeksi. Jadi kelas MP5 di balapan kemarin belum bisa jadi gambaran balap kelas MP5 di kejurnas Motoprix 2016 yang akan digelar akhir pekan ini di Malang.[ luvo ]

Gozio juara kelas MP5 dengan Honda Sonic
Gozio juara kelas MP5 dengan Honda Sonic
APRILIA GM-helm VND Racing PARD