Pembalap Saat Bulan Ramadhan : Tetap Latihan, Cuma Dikurangi

BalapMotor.Net – Di bulan Ramadhan meskipun libur balapan, ternyata sebagai rider profesional pastilah kudu tetap menjaga kebugaran. Nah ternyata sebagian besar rider profesional di Indonesia masih tetap berlatih baik latihan fisik maupun latihan diatas motor.

Namun namanya juga di bulan Ramadhan, untuk para pembalap muslim tentu saja harus melakukan ibadah puasa, nah dengan ini ternyata kebanyakan rider ternyata mengurangi porsi latihan mereka. Tentang apakah akan mengurangi performa mereka atau tidak setelah balapan dimulai lagi selepas lebaran itu tentu saja sebuah resiko, namun yang jelas sebagian besar mereka mengurangi porsi latihan.

Dedy Fermadi
Dedy Fermadi
LENKA MiniGP SSS Racing

” Tetap latihan fisik mas buat jaga kebugaran, tapi ya paling pas sore joging, main motocross kalau ngga ya berenang mas.Pokoknya untuk menjaga kebugaran tubuh aja.” Tutur Ervantona pembalap dari tim Yamaha RPM. Selain road racer, pembalap motocross juga sama , mereka juga tetap berlatih meskipun puasa. ” Saya masih tetap latihan mas, setiap hari senin dan jumat saya tetap berlatih. tutur Hilman Maksum pembalap muda asal Cilacap ini merupakan pembalap yang turun di kelas MX2 Junior.

Syahrul Amin, pembalap asal Biak, Papua yang saat ini sedang pulang kampung juga sama. Pembalap yang bertaji dengan Yamaha Z1 injeksinya ini tetap fokus latihan di kampung halamanya. ”  Saya meski di Biak tapi tetap latihan fisik mas, saya setiap harinya bersepeda tanpa jok, lari setengah jam, ngegym 2 jam dan menambah jam renang sebanyak-banyaknya serta berlatih bareng anak-anak yang baru belajar balap disini. Itu semua tentunya sudah saya kurangi karena saya masih berpuasa. ” tutur Syahrul Amin yang disana bareng dengan Ridwan De Aji untuk berlatih bareng.

Menurut Dedy Permadi, sebagai pelatih dan mentor pembalap, Dedy juga tetap menganjurkan untuk para pembalap agar tetap berlatih dan menjaga kebugaran tubuh dan jangan malas-malasan. ” Meski puasa para pembalap kudu tetap menjaga kebugaran tubuh karena mereka olahragawan profesional. Nah untuk porsinya sendiri sih bisa dikurangi. ” tutur Dedy Fermadi yang juga pemilik dari D45 Road Racing Academy.Jadi ingat balap mania, tetap jaga kebugaran meski dikurangi di bulan puasa ini. [ luvo ]

APRILIA GM-helm VND Racing PARD