Nih Alasan Kenapa Kejurnas OnePrix 2019 Hanya Mampir di Tasik & Surabaya

Aksi pembalap saat tarung di sirkuit Gelora Bung Tomo Surabaya pada gelaran Grand Final Motoprix 2018
Yamaha

BalapMotor.Net – Pada musim perdananya, Kejurnas OnePrix yang digelar oleh PT. Oneprix Motorsport Manajemen (OMM) yang merupakan anak perusahan dari Viva Grup hanya akan mampir di dua sirkuit saja. Dari lima putaran yang berlangsung, Kejurnas OnePrix musim 2019 akan berlangsung tiga putaran di Sirkuit Bukit Peusar, Kota Tasikmalaya dan dua putaran di sirkuit Gelora Bung Tomo, Kota Surabaya.

Aksi para pembalap di sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya

Dengan adanya beberapa sirkuit permanen lainnya di Indonesia tentu saja menjadi pertanyaan kenapa sih cuma di Tasikmalaya dan Surabaya saja. Ternyata, pihak OMM dan juga IMI yang telah meninjau langsung beberapa sirkuit mempunyai kriteria tersendiri untuk memilih tempat digelarnya OnePrix.

Selain urusan safety, ternyata gelaran Kejurnas OnePrix yang nantinya tidak hanya akan ada balapan saja melainkan akan ada banyak aktifitas lainnya membuat pihak OMM mencari sirkuit yang ada space luas diluar sirkuit. Ini pastinya ada di sirkuit Bukit Peusar dan sirkuit GBT.

Medya Saputra selaku Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Pengurus pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI)

“Kita bersama pihak OMM sudah melakukan survey di beberapa sirkuit, dari mulai Sentul, Subang, Semarang dan juga pernah ke Sekayu, tetapi setelah ditimbang akhirnya memilih Tasik dan Surabaya,” ujar Medya Saputra selaku Wakil Ketua Umum Olahraga Sepeda Motor Pengurus pusat Ikatan Motor Indonesia (PP IMI) yang ditemui penulis saat launching OnePrix di Hotel Century, Jakarta 8 Mei lalu.

Selain karena safety dan space untuk kegiatan lain selain balapan, tidak ingin jadwal berubah ternyata juga menjadi alasan lainnya. “Sebenarnya Sentul cukup layak, tetapi saat ini sendiri Sentul kan sedang ada renovasi dan kita takutnya nanti jadwalnya berubah. Kita ingin jadwal OnePrix tidak ada perubahan,” tambah Medya Saputra.

Imam Sulisto selaku Dirut PT. OMM

Meskipun di musim 2019 ini hanya ada di Tasik dan Surabaya, tetapi tidak menutup kemungkinan gelaran Kejurnas OnePrix akan digelar di kota lainnya, bahkan diluar pulau Jawa. “Kita tidak menutup kemungkinan untuk digelar di kota lainnya, termasuk juga di luar pulau Jawa,” ungkap Imam Sulisto selaku Dirut PT. OMM. | Luvo

SSS Racing GM-helm