Ternyata Peserta FIM MiniGP Indonesia Series Tidak Dipungut Biaya, Ini Baru Pembinaan!!

Race FIM MiniGP di Tasikmalaya

BalapMotor.Net – Gelaran balap FIM MiniGP World Series merupakan ajang balap yang dibuat Dorna Sports untuk mencari para pembalap-pembalap muda generasi penerus yang nantinya diharap bisa menjadi pembalap MotoGP nantinya. Ajang balap ini sendiri digelar di berbagai penjuru dunia.

Jadi ada FIM MiniGP Series di berbagai negara seperti Jepang, Spanyol, Italy, Malaysia termasuk Indonesia dan puluhan series lainnya. Nantinya, para juara di setiap negara akan dikirim untuk bertanding di FIM MiniGP World Series pada akhir musim dan untuk tahun 2022 ini akan ditandingkan di Valencia, Spanyol.

LENKA MiniGP SSS Racing

Membahas mengenai FIM MiniGP Indonesia Series, sirkuit Bukit Peusar Kota Tasikmalaya menjadi lokasi pertama bergulirnya ajang ini.

Seri 1 dan 2 FIM MiniGP Indonesia Series digelar di sirkuit Bukit Peusar pada 3-4 September 2022. Pada ajang ini sendiri diikuti oleh 15 pembalap yang sudah diseleksi oleh penyelenggara dalam hal ini Lighting Production dan satu pembalap asal Vietnam yang juga ikut serta.

Harlan Fadhillah dan Maharani dari Lighting Production bersama pembalap yang naik podium di seri 1

Menariknya, ajang ini tidak dipungut biaya sama sekali untuk peserta yang lolos seleksi. Jadi mereka tinggal nge-gas saja pacuan MiniGP Ohvale GP-0 (160cc) yang dipakai pada ajang ini. Bahkan dua besar ajang ini bakalan dikirim ke Spanyol, semua dibiayaii.

“Jadi mereka tidak dipungut biaya sama sekali mas, sampai nanti dikirim ke Spanyol juga gratis,” terang Harlan Fadhillah selaku Sporting Director Lighting Production.

Ganti Part Yang Rusak

Para peserta hanya mengganti part pada motornya yang rusak karena kelalaian atau crash.“Mereka hanya mengganti part yang rusak karena kesalahan mereka misalkan terjatuh atau bagaimana. Hal ini sama seperti yang dilakukan di ajang-ajang balap Eropa,” tambah Harlan Fadhillah yang merupakan mantan pembalap top Nasional ini

Jadi, misalkan ada kerusakan pada pacuan yang dipakai oleh peserta, maka si peserta harus menggantinya. Perlu diketahui juga bahwa motornya sendiri mereka menggunakan motor yang sama dari seri 1 sampai final nanti.

“Kalau motornya kemarin hari Jumat sudah diundi dan motor yang diundi tersebut menjadi motor mereka dari seri 1 sampai final nanti. Mereka yang bertanggung jawab akan motornya tersebut,” ujar Harlan Fadhillah. Wah event keren banget pastinya nih.

GM-helm VND Racing PARD