Lampung Timur Punya Sirkuit Grasstrack Baru Bertaraf Nasional! Lembah Tirta Barata Namanya

BalapMotor.Net – Kabar gembira untuk pecinta balap garuk tanah yang ada di Provinsi Lampung dan sekitarnya, kabar apakah itu? Yah satu lagi sirkuit grasstrack bertaraf Nasional kembali dibuat, tepatnya di pinggiran perbatasan antara kota Metro dan Lampung Timur.

Nama sirkuit tersebut adalah “Sirkuit Lembah Tirta Barata” yang lokasinya berada di Bumi Perkemahan KWARCAB Lampung Timut, Desa Margototo, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur. Sirkuit ini sendiri rampung dalam waktu 2 minggu yang didesign dan dibuat oleh H. Dardiri berkolaborasi dengan Arvo ARTNj.

LENKA MiniGP SSS Racing

“Sirkuit ini dibuat dengan tujuan agar bibit-bibit muda berbakat yang ada di Provinsi Lampung bisa bermunculan, kita buatkan sirkuit permanen dengan standar nasional tepatnya di Desa Margototo, Kecamatan Metro Kibang, Kabupaten Lampung Timur. Untuk prosesnya sendiri kurang lebih memakan waktu sekitar 2 mingguan mas, harapannya ya semoga dunia balap grasstrack di Lampung bisa tambah maju dengan adanya sirkuit ini.” Ungkap pengelola Zulva Nofrian.

Sirkuit ini sendiri memiliki panjang 1100 Meter dengan total 15 tikungan dengan berbagai variasi dimulai dari Bermed Corner (sudut tikungan dimana sisi luar tikungan terdapat tanah agak tinggi), Table Top (gundukan tanah yang tinggi dan cenderung datar pada bagian atasnya yang mampu mengangkat pembalap sebelum terjun ke sesi selanjutnya), dan masih banyak lainnya.

Beberapa pembalap kawakan seperti Toying Sana Sini dan Galang Fernando juga terpantau sudah beberapa kali mencoba sirkuit ini (Sirkuit Lembah Tirta Barata). “Sirkuitnyaa joss mas, lumayan enak tinggal beberapa saja yang perlu diperbaiki, dan mungkin konstur tanahnya yang belum mapan,” terang Toying Sana Sini.

 

Nah sementara itu, hal yang sama juga di ungkapkan oleh Galang Fernando. “Untuk Sirkuitnya bagus mas, dari layoutnya, panjangnya, tikungan dan jumpingannya sudah memenuhi kriteria dari sirkuit-sirkuit bertaraf standar nasional, intinya sangat layak untuk menggelar ivent grasstrack,” jelasnya.

Nah yang jadi penasaran oleh penulis, akankah sirkuit ini menggelar ivent akbar di tahun ini? “Untuk recana menggelar ivent sih ada mas, kita bersama rekan-rekan semua lagi dipersiapkan semuanya, kalau tidak ada halangan mungkin bulan september atau oktober kita gelar, pokoknya nanti kita info fix nya akan seperti apa hehehe.” tutup Zulva Nofrian.

Oke deh kita tunggu saja kabar baiknya, dan jangan lupa pantau teus updatenya di www.balapmotor.net | Budy

GM-helm VND Racing PARD