Ketika Menpora dan Menpar Bersinergi, Ini Pengaruhnya Untuk Dunia Balap

Menpora Imam Nahrawi (kiri) dan Menpar Arief Yahya (kanan) saat presscon Indo MXGP

 

BalapMotor.Net – Saat presscon Indo MXGP 2017 yang berlangsung di gd. Sapta Pesona Kementrian Pariwisata kemarin (27/3). Menteri Parawisata (Menpar) yaitu Ir Arief Yahya dan juga Mentri Pemuda Dan Olahraga yaitu Imam Nahrawi memberikan sambutan mengenai dukunganya terhadap gelaran MXGP.

Dukungan dari kedua kementrian ini tentunya akan berdampak positif bagi dunia olahraga di Indonesia termasuk juga balap motor tentunya. Dengan bersinerginya ini tentunya akan  membuat suatu kekuatan yang sangat menguntungkan bagi negara kita.

SSS Racing

“Ketika Menpar (Menteri Pariwisata) beretemu dengan Menpora (Menterian Pemuda dan Olahraga) itu adalah sinergi yang bagus yang kita sebut sebagai sport tourism. Kalau berdiri sendiri-sendiri keduanya gak bisa, tapi kalau bersinergi keduanya akan bisa. Jadi akan saling menguntungkan,” ujar Menpar Arief Yahya saat prescon kemarin.

Menpar Arief Yahya mengatakan bahwa dunia event olahraga tentunya bisa menjadi suatu daya tarik untuk wisatawan. Ia memberikan contoh MXGP yang bisa mendatangkan keuntungan terutama di sektor pariwisata. Menurutnya keuntungan dari gelaran MXGP di Pangkal Pinang bisa mencapai Rp. 300 Miliar.

“MXGP ini kita proyeksikan akan didatangai 5 ribu wisman. Seandainya satu wisman menghabiskan dana USD1.000 berarti ada USD5 juta dan kalau kita kalikan Rp13 ribu maka akan ada pemasukan Rp65 Miliar yang beredar di Pangkal Pinang,” rinci Menpar kelahiran Banyuwangi, 2 April 1961 ini.

Menpora Imam Nahrawi juga sependapat dengan yang dikatakan oleh Menpar Arief Yahya.  “Apapun even olahraga baik yang prestasi, rekreasi, maupun extreem sport wajib bersinergi dengan pariwisata, semuanya harus didorong terkait dengan tourism agar para atlet tumbuh tegak dan menjadi industri olahraga yang besar,” ujarnya.

Jadi dengan ini terlhat bahwa Kemenpar sendiri cukup melirik event olahraga untuk dijadikan daya tarik wisata. Kalau bicara keuntungan untuk dunia balap tentu saja event balap internasional di Indonesia akan didukung oleh Kemenpar seperti di MXGP Pangkal Pinang yang akan digelar akhir pekan ini (4-5/3). Untuk MXGP sendiri Kemenpar menggelontorkan dana Rp.10 Miliar.|luvo

 

GM-helm PARD