Jabar Open Motocross Grasstrack : Sinergi Apik Antara Pembalap, Penyelenggara, Regulator, Sponsor & Juga Komunitas Serta Penonton

GM-helm

BalapMotor.Net – Patut dijadikan contoh dan acuan dalam menciptakan event otomotif yang berkualitas. Pasalnya membuat gelaran event pada masa Pandemi Covid-19 bukanlah pekerjaan yang mudah. Banyak Adaptasi Kebiasaan Baru yang harus dipatuhi pada saat menggelar event tersebut.

Pengprov IMI Jabar bersama VMX.id, Rudi Epol dari Phols Otomotif Management dan beberapa pihak lainnya mencoba memberikan solusi terbaik untuk semua yang terlibat dalam gelaran event otomotif tersebut seperti pembalap, penyelenggara, regulator, sponsor dan juga komunitas serta penonton yang menikmati gelaran tersebut.

“Kami mencoba mengemas dan mengkolaborasikannya dalam event bertajuk ‘Jabar Open Motocross & Grasstrack Championship 2020’. Semoga dari gelaran ini dapat tercipta iklim kompetisi yang sehat serta menjadi percontohan bagi promotor lain, pemilik tim, pembalap, Sponsor juga media sehingga kembali tercipta industri olahraga otomotif kreatif yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” ujar H. Fachrul Sarman, selaku Ketua Pengprov IMI Jabar.

Kejuaraan ‘Jabar Open Motocross & Grasstrack Championship 2020’ ini terbuka untuk peserta yang datang dari luar Jabar atau pembalap nasional sepanjang mereka memiliki KIS (Kartu Izin Start) yang diterbitkan dari IMI Provinsinya masing-masing. Potensi dari kegiatan olahraga ini secara langsung maupun tidak langsung mendukung berjalannya Sport Industri, Sport Tourism dan Sport Science.

Sirkuit Motocross Cambora Sumedang pun didaulat sebagai tuan rumah putaran pertama yang berlangsung pada 29-30 Agustus lalu. Pihak penyelenggara memang mempunyai kriteria khusus dalam penyelenggaraan event ini karena berkaitan dengan kualitas gelaran dan juga adaptasi kebiasaan baru selama pandemi Covid-19.

Dalam pelaksanaanya, gelaran yang turut disupport oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.SI. ini mengadaptasi penuh protokol kesehatan di era kebiasaan baru. Jabar Open Motocross & Grasstrack Championship 2020 digelar tanpa penonton dan memang tidak membuat woro woro dan promosi disekitar lokasi acara.

Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.SI.(tengah), Menpora

“Kami bekerjasama dengan VMX.id selaku salah satu distributor dan pemilik merek otomotif di Indonesia untuk menjadi official broadcaster kejuaraan ‘Jabar open Motocross & Grasstrack Championship 2020’ sehingga gelaran ini bisa dinikmati seluruh masyarakat melalui internet streaming. Baik lewat Youtube, Instagram atau yang lainnya. Para sponsor yang turut support pun kami tampilkan dalam iklan siaran langsung tersebut sehingga produknya makin dikenal oleh masyarakat luas,” lanjut Pria yang akrab disapa Kang Fachrul ini.

Patut diketahui, Jaringan internet saat ini memang menjadi salah satu solusi terbaik. Dari data terakhir yang dihimpun, Pengguna internet di Indonesia saat ini mencapai 175,4 juta orang dengan penetrasi mencapai 64 persen. Itu artinya, dari total 272,1 juta populasi di Indonesia, sebesar 64 persennya telah terkoneksi internet.

“Masyarakat Indonesia memakai jaringan internet Hampir 8 jam per hari baik melalui smartphone ataupun komputer. Dari sudut pandang kami, itu merupakan salah satu cara terbaik sebagai media promosi baik untuk gelaran Jabar Open ataupun produk yang kami punyai. Apalagi Jabar Open Motocross ini kemasan dan kualitasnya sangat bagus” papar Indra Julius, Direktur Utama PT. Variasi MX (VMX.id)

Karena disiarkan secara live streaming, maka penataan lokasi dan acara pun juga harus bagus dan tertata. Sirkuit Cambora yang bisa dilihat menyeluruh dari ketinggian pun menjadi penilaian utama. Kemudian, lokasi paddock pun di tata apik dengan menggunakan tenda kerucut sehingga lebih rapi dan enak dipandang.

“Kami memang langsung memasukkan sewa tenda kedalam biaya pendaftaran sehingga suasana di paddock menjadi lebih rapi. Saya rasa sangat murah sewa tenda paddock kerucut hanya 300 ribu untuk ukuran 3×3 selama 3 hari. Saat diambil gambar dari atas melalui drone pun suasana paddock bisa lebih rapi dan indah,” kompak Rudi Epol dan Dewi Midora dari Phols Otomotif Management.

H. Fachrul Sarman, Ketua Pengprov IMI Jabar (kanan) & Indra Julius, Direktur Utama PT. Variasi MX (VMX.id)

Dengan pengemasan event yang sedemikian rupa, diharapkan dapat menghidupkan kembali kegiatan otomotif yang sempat sepi karena Pandemi Covid-19. Terlebih jika ada sinergi bersama antar seluruh stake holder yaitu regulator, perwakilan komunitas raiders / crosser, EO, pemilik merek dan pebisnis otomotif, pembalap, pemilik tim serta semua yang terlibat didalamnya.

Tahun ini ‘Jabar Open Motocross & Grasstrack Championship 2020’ akan berlangsung sebanyak 3 Putaran, yaitu Putaran Pertama di Subang dan Sumedang, Putaran 2 di Bekasi dan Putaran 3 di Soreang, Bandung.

Jabar Open Motocross dan Grasstrak Championship 2020 akan selalu ditayangkan secara Live Streaming Di Youtube VMX.id sehingga semua kalangan bisa turut menyaksikan kejuaraan tersebut.

SSS Racing